Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Sanski Invasi Ukraina, Rusia Dipaksa Hentikan Peluncuran Rokey Soyuz dari Amerika Selatan

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Jakarta berpotensi mengalami guncangan yang setara dengan VIII MMI (Modified Mercalli Intensity) jika terjadi gempa besar di segmen megathrust Selat Sunda, demikian dikatakan Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Skala Mercalli merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa Bumi dan terdiri dari skala I hingga XII. Kekuatan gempa VIII MMI termasuk dalam kategori parah.

“Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak-retak pada bangunan degan konstruksi kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen-monumen roboh, air menjadi keruh,” tulis BMKG dalam website resminya untuk menggambarkan kekuatan gempa pada skala VIII MMI.

Daryono menjelaskan bahwa guncangan yang kuat di Jakarta jika terjadi gempa besar di segmen megathrust Selat Sunda turut disebabkan oleh karakter tanah di Jakarta yang lunak.

Baca Juga:
Absennya Gempa Besar di Selat Sunda Jadi Perhatian Ilmuwan

“Berdasarkan pemodelan, jika terjadi gempa megathrust, maka Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jakarta akan mengalami gempa dengan guncangan VII sampai VIII MMI. Ini termasuk berat,” jelas Daryono dalam perbincangan di Radio Trijaya, Sabtu (23/1/2022).

“Apa lagi Jakarta karena tanahnya lunak, bisa mengamplifikasi guncangan sehingga kerusakan mungkin akan lebih parah,” terang Daryono.

Sebagai pembanding, gempa Aceh yang memicu tsunami pada 2004 silam kekuatannya berada di skala IX MMI.

Selain itu Daryono menegaskan dengan potensi gempa bermagnitudo 8,7 di segmen megathrust Selat Sunda, maka tsunami juga berpeluang terjadi jika terjadi gempa besar.

Menurut pemodelan para ilmuwan, tsunami akibat gempa tersebut bisa menyapu pesisir Lampung, Banten, Jawa Barat dan juga sebagian Jakarta.

Baca Juga:
Jumlah Gempa Indonesia Melonjak Drastis di Januari 2022, Pertanda Apa?

Baca :  10 Situs Download Film Gratis Kualitas HD Bukan di LK21, Rebahin, IndoXXI

“Tsunami di Selat Sunda, Jawa Barat dan Lampung bisa mencapai 15 meter,” terang dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.