Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Orangtua Wajib Waspada! Polusi Udara di Jakarta Bisa Sebabkan Anak Stunting

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sejumlah riset mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 cukup ampun untuk menurunkan keparahan penyakit virus corona. Pemerintah Indonesia saat ini juga telah memulai pemberian vaksinasi Covid-19 booster untuk masyarakat.

Langkah tersebut juga didukung oleh sejumlah ahli kesehatan. Data Indonesia untuk yang mendapatkan vaksinasi booster memang belum banyak sehingga datanya masih belum cukup komprehensif.

“Tapi data dari luar negeri yang sudah melakukan vaksinasi booster lebih dahulu dan cakupannya lebih tinggi menunjukkan, vaksinasi booster mampu menurunkan risiko gejala berat akibat infeksi Omicron hingga 7 kali lipat daripada tanpa vaksinasi sama sekali,” kata dr. Tonang Dwi Ardiyanto Sp PK., PhD., Juru Bicara Satgas COVID-19 RS Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam keterangannya, Jumat, (25/2/2022). 

Sementara, lanjut Tonang, vaksinasi lengkap menurunkan risiko gejala berat akibat terinfeksi Omicron hingga 2,5 kali lipat daripada tidak divaksinasi sama sekali. Ia juga mengimbau agar manfaat vaksinasi jangan dilihat dari kacamata sempit. 

Baca Juga:
Update Covid-19 di Kepri: Total Kasus Capai 3.647 Orang

“Misalnya ada yang mengatakan saudara saya sudah divaksinasi tapi kenapa bisa terinfeksi COVID-19? Itu pertanyaan yang banyak beredar di masyarakat. Coba kita berfikir, seandainya saudara kita tidak divaksinasi apakah gejalanya akan berat? Lalu coba cari tahu di sekitar kita sudah berapa banyak yang divaksinasi lengkap. Kalau yang terinfeksi jauh lebih sedikit, artinya vaksinasi baik lengkap atau bahkan yang sudah di booster, jauh lebih bermanfaat daripada tidak divaksinasi sama sekali,” saran dr. Tonang. 

Lebih lanjut, ia sangat menyarankan vaksinasi lengkap bisa diberikan kepada mereka yang memiliki komorbid. Menurutnya bagi penderita komorbid sangat perlu untuk melengkapi vaksinasi karena termasuk kelompok paling rentan ketika terinfeksi COVID-19.  

Baca :  Warga +62 Harap Merapat, Ada Kabari Baik Soal Covid-19 dari Kemenkes

“Bagi mereka yang memiliki komorbid, tentu ada screening saat mau divaksinasi. Selama saat screening menunjukkan masih layak divaksin, maka lebih baik divaksinasi. Ini untuk menghindari risiko yang lebih parah saat terinfeksi virus COVID-19 nantinya,” ujar dr. Tonang.

Diperkirakan saat ini Indonesia telah memasuki separuh jalan menuju puncak Omicron. Harapan dr. Tonang, dengan lebih cepat melewati puncak, kasus turun dengan cepat diikuti turunnya korban kematian.  

“Tentunya untuk bisa sampai pada kondisi itu syaratnya ada dua yakni percepat vaksinasi lengkap dan tetap terus jalankan protokol kesehatan. COVID-19 masih ada tapi kita mampu menghadapinya ketika kita bekerjasama,” ujar dr. Tonang.

Baca Juga:
Covid-19 Tinggi di Balikpapan, Minat Vaksin Booster di Kota Minyak Justru Rendah, Ini Sebabnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.