Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Studi Baru: Perubahan Iklim Meningkatkan Jumlah Penderita Gangguan Mental

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 di berbagai negara, varian omicron kini mulai mendominasi menggantikan delta. Meski omicron telah menjadi pemicu lonjakan kasus di berbagai negara, belum banyak masyarakat yang paham betul soal berapa lama virus tersebut berada dalam tubuh.

Dilansir dari NPS, Rabu, (18/2/2022), setidaknya tiga penelitian telah menemukan bahwa orang yang terinfeksi omicron masih memiliki tingkat virus yang cukup tinggi untuk menular lebih dari lima hari setelah gejalanya dimulai.

Para peneliti melihat data dari program pengujian COVID ekstensif National Basketball Association. Studi mereka menemukan bahwa sekitar 50 persen orang yang terinfeksi omicron masih dinyatakan positif pada tes PCR pada hari kelima.

Dibandingkan dengan orang yang terinfeksi delta, ada lebih banyak variabilitas dalam berapa lama waktu yang dibutuhkan orang dengan omicron untuk mencapai viral load puncak mereka.

Baca Juga:
Jubir Covid-19 Sumbar Kembali Terpapar Covid-19

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

“Untuk beberapa orang dengan omicron, itu terjadi dengan sangat, sangat cepat. Mereka menjadi positif dan kemudian mencapai puncaknya dengan sangat cepat. Bagi yang lain, itu membutuhkan waktu berhari-hari” – hingga delapan atau bahkan 10 hari setelah menjadi positif, kata senior studi tersebut. penulis, Dr. Yonatan Grad, profesor imunologi dan penyakit menular di Harvard TH Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Studi kecil lainnya dari Jepang menemukan bahwa tingkat virus tertinggi pada hari ketiga hingga keenam, dan kemudian secara bertahap mulai menurun. Setelah 10 hari, tidak ada seorang pun dalam penelitian ini yang memiliki virus menular yang terdeteksi pada tes PCR.

Dan studi ketiga, dari 260 petugas kesehatan yang divaksinasi di Chicago, menemukan bahwa secara keseluruhan, 43 persen dites positif pada tes antigen cepat lima hingga 10 hari setelah terinfeksi omicron – meskipun mereka merasa cukup sehat untuk kembali bekerja.

Baca :  Turunkan Berat Badan Lebih Cepat, Cobalah Minum Air Gula Merah dan Kismis Tiap Hari!

Tingkat kepositifan “lebih tinggi pada hari keenam dan ketujuh dan lebih rendah pada hari kesembilan dan 10,” kata rekan penulis studi Dr. Emily Landon dari University of Chicago Medicine.

Mengingat semua temuan sejauh ini, Landon mengatakan jika Anda tidak dapat menguji lagi untuk keluar dari isolasi, menunggu “delapan hari jauh lebih aman daripada enam hari.” Tetap pakai masker Anda meskipun hari ke 10, katanya.

Baca Juga:
Pelaku Usaha Perempuan Wajib Punya Keterampilan Digital dan Keuangan

Setelah 10 hari, Anda dapat menganggap diri Anda baik untuk pergi, kata Chin-Hong. Dia mengatakan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa “sangat sedikit, jika ada, penularan setelah hari ke 10, terlepas dari variannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.