Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Kenali Gejala Tekanan Darah Tinggi dan Waspadai Komplikasinya

0

Cariberita.co.id – Darah tinggi mungkin hingga saat ini masih jadi ancaman kesehatan yang tinggi untuk orang-orang dengan usia tua. Selain itu, risiko darah tinggi atau hipertensi ini juga kini dimiliki oleh orang muda, yang memiliki riwayat keluarga dengan keluhan serupa. Kenali gejala tekanan darah tinggi agar bisa melakukan langkah responsif dalam menghadapinya!

Sebenarnya ketika seseorang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, gejalanya cukup mudah diidentifikasi karena tampak secara kasat mata. Nah selain mengenali gejalanya, Anda juga akan menemukan alasan mengapa penyakit ini berbahaya untuk manusia. Simak selengkapnya!

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Beberapa gejala hipertensi yang paling sering muncul pada penderitanya antara lain :

Baca Juga:
5 Jus yang Punya Manfaat Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Cegah Hipertensi Hingga Sembuhkan Batuk Pilek

  1. Pusing
  2. Sakit kepala
  3. Sesak nafas
  4. Mimisan
  5. Sakit dada
  6. Perubahan pandangan secara tiba-tiba, biasanya menjadi buram
  7. Adanya darah dalam cairan urine

Perlu dipahami benar bahwa tak semua gejala ini muncul ketika seseorang mengidap hipertensi. Bisa saja hanya muncul satu, dua, atau bahkan tiga gejala. Namun demikian ketika gejala ini muncul bersamaan, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk melakukan kontrol.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Cara lain untuk lekas mengenali adanya potensi darah tinggi sebenarnya adalah melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan teratur di fasilitas kesehatan. Di sana akan dijelaskan pembacaan hasil pengukuran, dan diberitahukan bilamana ada potensi tekanan darah tinggi yang mengintai dari hasil pengukuran tersebut.

Mengapa Anda Harus Mewaspadai Darah Tinggi

Sebenarnya tekanan darah tinggi ini wajib diwaspadai karena risiko komplikasinya yang sangat beragam. Tentunya, sebagai manusia normal, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Beberapa risiko komplikasi yang muncul ketika hipertensi terlambat diatasi adalah sebagai berikut :

Baca Juga:
Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Ramuan dari Teh Ini!

  • Penyakit jantung
  • Penyakit pembuluh darah tepi
  • Gangguan saraf
  • Stroke
  • Penyakit ginjal
  • Kerusakan retina atau dikenal dengan Retinopati
  • Gangguan serebral atau otak

Tentu, komplikasi penyakit ini demikian berbahaya dan wajib diwaspadai. Ini mengapa deteksi dini pada potensi tekanan darah tinggi harus dilakukan, sehingga perawatan bisa segera diterapkan dan meminimalisir risiko komplikasi yang lebih parah.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai gejala tekanan darah tinggi dan mengapa hal ini wajib diwaspadai. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang berguna, sehingga deteksi dini pada resikonya bisa dilakukan. Selamat beraktivitas, dan semoga sehat selalu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.