Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Jangan Asal, 4 Jenis Olahraga Ini Bahayakan Nyawa Penderita Tekanan Darah Tinggi!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Gejala Covid-19 sering disalahartikan dengan batuk biasa, pilek, flu dan dalam beberapa kasus, bahkan tipes. Jadi bagaimana seseorang dapat membedakan antara demam tipes dan Covid-19 varian Omicron? Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan gejala Omicron dan tipes.

Penting diketahui mengenai mekanisme dasar penularan virus Omicron yang cepat serta lakukan segera pencegahan yang sesuai. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui perbedaan mendasar antara gejala Omicron dan tipes.

Namun dalam beberapa kasus, infeksi Covid-19 varian Omicron memperburuk dan menyebabkan pasien mengalami demam tifoid atau tipes. Dalam kasus seperti itu, tindakan pencegahan apa yang harus diambil untuk mengurangi tingkat risiko?

Diketahui, tipes sendiri disebabkan oleh bakteri yang disebut salmonella typhi. Setelah infeksi, ia tetap berada di tubuh manusia selama satu-dua minggu dan secara bertahap mulai menunjukkan gejala seperti demam tinggi, muntah berulang, sakit perut, dan sebagainya. Ini mempengaruhi usus dan memasuki aliran darah juga. Adapun sumber utama dari infeksi ini yaitu air yang terkontaminasi serta makanan yang tak higienis.

Baca Juga:
4 Makanan Agar Cepat Sembuh dari Omicron, Bisa Meringankan Gejala Covid-19 yang Muncul!

Perbedaan Gejala Omicron dan Tipes

Meskipun tidak ada hubungan langsung antara Omicron dan tipes, dalam beberapa kasus Omicron, seseorang juga terkonfirmasi positif tipes sehingga perlu melakukan tes lebih lanjut untuk mendapatkan konfirmasi.

Adapun bakteri penyebab tipes juga masuk ke aliran darah. Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya infeksi tipes diharapkan pada seseorang yang terinfeksi Covid-19. 

Selain itu, Covid-19 melemahkan mekanisme pertahanan tubuh sehingga rentan terhadap infeksi dan penyakit lain, termasuk tipes. Seorang pasien tipes dapat melaporkan masalah muntah dan buang air besar bersama dengan demam tinggi.

Baca :  Benarkah Gejala Omicron Relatif Lebih Ringan? Direktur RSPI Ungkap Faktanya

Demikian pula, selain organ pernapasan, infeksi Covid-19 seperti varian Omicron juga memiliki gejala yang memengaruhi pembuluh darah, yang memperburuk kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan masalah neurologis lainnya.

Baca Juga:
Waspada, Kenali Gejala Umum Terinfeksi Virus Corona Varian Omicron Siluman

Selain itu, gejala Omicron juga meliputid emam atau menggigil, batuk, sakit tenggorokan, kesulitan bernapas, kelelahan, sakit badan, sakit kepala, hilangnya pengecapan atau penciuman, hidung tersumbat atau meler, mual atau muntah, dan Diare      

Leave A Reply

Your email address will not be published.