Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dirawat di Malaysia karena Sesak Napas, Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya?

0

Cariberita.co.id – Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Selangor, Malaysia, karena mengalami sesak napas dalam penerbangan dari Jakarta – Kuala Lumpur pada Jumat (16/9/2022).

Keterangan dari Dubes RI untuk Malaysia, Hermono, mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini dirawat di ruang khusus pasien Covid-19.

“Menurut pihak rumah sakit beliau dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19,” kata Hermono, diberitakan ANTARA.

Cendikiawan Muslim Azyumardi Azra (Cariberita.co.id/Nikolaus Tolen)
Cendikiawan Muslim Azyumardi Azra (Cariberita.co.id/Nikolaus Tolen)

Lalu, apa saja kemungkinan penyebab sesak napas yang mengharuskan seseorang dirawat intensif?

Baca Juga:
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Jatuh Sakit Saat Kunjungan Kerja ke Malaysia

Covid-19

Dilansir Times of India, Dr James Harker, dari Institut Jantung dan Paru Nasional Imperial College London menjelaskan bahwa sesak napas yang berlangsung lama menunjukkan adanya sel kekebalan abnormal yang disebabkan virus corona Covid-19.

Sesak napas adalah salah satu tanda serius dari Long Covid-19 dan mengabaikannya bisa meneybabkan masalah kesehatan lainnya.

Namun, ini tidak berarti bahwa kondisinya bisa bertambah buruk. Sesak napas yang terus-menerus jika diobati tepat waktu dapat memperbaiki kondisi paru-paru dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Alergi

Baca Juga:
Sesak Nafas Dalam Pesawat, Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra Dirawat di ICU RS Malaysia

Sementara itu Insider menulis reaksi alergi juga bisa menyebabkan seseorang sesak napas. Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap pemicu alergi atau alergen, misalnya tungau debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Sebagian orang juga bisa mengalami reaksi alergi terhadap makanan tertentu, seperti susu, ikan, udang, atau kacang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.