Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Profil dan Biodata BTR Kyy, Jagoannya Bigetron Alpha

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membawa tiga isu digital di G20 yang mencakup konektivitas dan pemulihan pasca-pandemi, literasi digital dan talenta digital, serta tata kelola data lintas negara.

Di isu literasi digital, pemerintah Indonesia yang memenga presidensi G20 mengajak negara-negara anggota untuk mengembangkan pengukuran atau standar literasi digital.

“Kami ingin ada standar pengukuran kecakapan dan literasi digital yang disepakati seluruh negara G20,” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Dengan begitu, negara-negara G20 yang mencakup Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa bisa saling belajar terkait literasi dan kecakapan digital.

Baca Juga:
Kominfo Angkat Isu Digital di G20 Demi Atasi Kesenjangan

“Bisa saling belajar, transfer of knowledge, ini bisa sama-sama dibicarakan di sana,” sambung Dedy.

Dedy juga mengutip data dari We Are Social yang disebar awal tahun lalu. Menurutnya, rata-rata orang Indonesia mengakses internet hingga 8 jam 52 menit dalam sehari.

“Sayangnya, kebanyakan dari mereka lebih banyak mengakses media sosial dan hiburan,” tambah Dedy.

Untuk itulah, ia mau mengubah pola yang awalnya dari media sosial dan hiburan menjadi aktivitas yang lebih produktif. Dedy mencontohkan, orang Indonesia tak hanya menggunakan media sosial sebagai interaksi, tetapi juga untuk berjualan online.

Kemudian, ujar Dedy, orang Indonesia juga perlu mengerti skill yang berbasis teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), machine learning, Internet of Things (IoT), digital marketing, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
ITSEC Asia: Peningkatan Literasi Digital Harus Mencakup Kesadaran Perlindungan Data Pribadi

Baca :  Kominfo Angkat Isu Digital di G20 Demi Atasi Kesenjangan

“Kami mengajak pemuda-pemuda Indonesia untuk mengenal kecakapan digital,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.