Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kominfo: Ruang Digital Belum Ramah Anak

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika dan lembaga penyiaran swasta akan membagikan set top box gratis atau STB gratis mulai 15 Maret, menjelang analog switch off (ASO) atau penghentian siaran tv analog tahap pertama.

Set top box gratis ini akan diberikan kepada rumah tangga miskin yang sudah memiliki pesawat televisi dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kementerian Sosial. STB ini akan digunakan untuk menikmati siaran tv digital.

“Pemerintah akan membagikan set top box, bersama lembaga penyiaran swasta,” kata Staf Ahli Menteri Kominfo, Henri Subiakto, dalam webinar bertajuk Siaran Bersih, Jernih, Canggih dari Perbatasan, Rabu (23/2/2022).

Set top box ini akan dibagikan mulai 15 Maret sampai 30 April kepada masyarakat yang tinggal di wilayah ASO Tahap I. Penghentian siaran televisi terestrial analog tahap pertama dijadwalkan berlangsung pada 30 April di 56 wilayah siaran, yang mencakup 166 kabupaten kota.

Baca Juga:
Bantuan Set Top Box Gratis, Berikut Syarat dan Cara Mendapat Alat Ubah TV Analog jadi Digital

Setelah tanggal 30 April, wilayah tersebut hanya bisa menerima siaran televisi terestrial digital. Jika masih menggunakan televisi model lama, yang belum bisa menangkap siaran digital, masyarakat perlu menggunakan set top box atau tidak bisa menonton siaran televisi terestrial sama sekali.

Menurut Henri, selama ASO, akan ada sekitar 6,7 juga perangkat set top box yang dibagikan kepada masyarakat.

ASO tahap pertama rencananya akan berlangsung paling lambat 30 April 2022. Kominfo mengatakan pihaknya bersama para perusahaan tv swasta telah menyiapkan sekitar 3 juta unit STB gratis untuk ASO tahap I.

Baca :  Kantongi Izin ULO dari Kominfo, Smartfren Siap Jualan 5G?
Leave A Reply

Your email address will not be published.