Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Banyak Perusahaan Indonesia Belum Siap Amankan Data Pribadi Konsumen

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terus menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak untuk penerapan teknologi 5G dalam pengembangan kota pintar (smart city) dan ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Salah satu kerja sama ini yakni dengan menggandeng perusahaan teknologi asal China, Huawei.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate telah bertemu pihak Huawei di acara Mobile World Conference (MWC) 2022 Barcelona, Spanyol.

“Kami membuka peluang kerja sama dan berbagi pengetahuan dengan penyedia TIK global, termasuk Huawei,” ungkap Plate dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (6/3/2022).

Baca Juga:
Bocoran iPhone SE Baru, Rilis 8 Maret?

Menurut Plate, setelah peluncuran komersial jaringan telekomunikasi 5G tahun lalu, operator telekomunikasi telah memulai operasi awal di 13 kota di Indonesia.

Pemerintah juga tengah menyiapkan spektrum frekuensi radio untuk pemerataan jaringan 5G.

Menkominfo Johnny G. Plate (tengah) ke booth Huawei di acara Mobile World Conference (MWC) 2022 di Barcelona Spanyol. (Kementerian Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate (tengah) ke booth Huawei di acara Mobile World Conference (MWC) 2022 di Barcelona Spanyol. (Kementerian Kominfo)

“Tahun ini kami akan mengadakan lelang spektrum. Ibu Kota Negara Baru kami akan menjadi ibu kota yang didukung penuh oleh 5G. Oleh karena itu, kami perlu membangun infrastruktur TIK untuk mendukung operasi 5G di kota otonom,” paparnya.

Sementara itu, Vice President Huawei untuk Kawasan Asia-Pasifik, Jay Chen menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra strategis Huawei, dalam perkembangan ekonomi dan transformasi digital dalam beberapa tahun terakhir.

“Indonesia berada di jalur cepat adopsi teknologi 5G, di mana implementasi dan penggunaannya secara penuh dapat menjadi game-changer dan solusi mendasar, baik untuk kota pintar, tata kelola, transportasi, sektor pertambangan, atau perawatan kesehatan,” ucapnya.

Baca Juga:
Bangun Jaringan Kelas Dunia, Indosat Gandeng Huawei untuk Pacu Integrasi RAN

Jay Chen turut mendukung Indonesia dalam mewujudkan transformasi digital.

Menurutnya, Huawei akan terus berkontribusi memberikan nilai tambah ekosistem digital melalui penguatan infrastruktur 5G dan cloud, penyiapan talenta digital, dan inisiatif lainnya.

Baca :  Huawei MateBook D15 Model i5 Sudah Tersedia di Indonesia, Harga Rp 10 Juta

“Ke depannya, kita bisa menjajaki lebih jauh ke dalam kolaborasi untuk mendukung perekonomian Indonesia dan industri telekomunikasi untuk melangkah lebih jauh,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.