Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Link Download Minecraft 2022 Gratis Bukan APK, Segera Unduh di HP Android atau iPhone Sekarang Juga!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sudah menjadi rahasia umum bahwa terdapat game seri GTA yang menawarkan misi khusus terkait penyelundupan hingga pertarungan antar geng. Meski misi itu adalah fiksi, namun tingkah anak muda asal Meksiko ini justru mewujudkan hal tersebut di dunia nyata.

Laporan terbaru mengungkap bahwa kartel narkoba di Meksiko memanfaatkan game GTA Online untuk merekrut anggota baru. Pada tahun 2021, kepolisian Meksiko mengungkap bahwa anak-anak muda direkrut oleh kartel narkoba melalui video game populer.

Meski hanya memiliki sedikit bukti, namun pengakuan anak muda yang menjadi kurir atau “runner” semakin menguatkan adanya pemanfaatan game online oleh kartel narkoba.

Berdasarkan sebuah kasus yang didalami oleh Forbes, pihak Amerika Serikat telah mengumpulkan bukti bahwa GTA Online benar-benar merupakan alat rekrutmen tersembunyi dari kartel narkoba Meksiko.

Baca Juga:
Netflix Gunakan Metode Mengerikan untuk Iklan Drama Korea All Of Us Are Dead di Thailand, Tuai Pujian Netizen!

Pada November 2021, petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di Arizona memeriksa sebuah Jeep Cherokee dan menemukan hampir 60 kilogram metamfetamin.

GTA V. (Rockstar Games)
GTA V. (Rockstar Games)

Melalui interogasi, sang pengemudi yang bernama Alyssa Navarro menjelaskan bahwa dia pernah bermain GTA Online sebelumnya.

Anak muda ini dihubungi akun bernama “George” dalam platform game. Setelah berkenalan di GTA Online, mereka mengobrol di Snapchat dan kemudian bertemu langsung di Phoenix.

Sosok bernama George menawarkan Alyssa Navarro imbalan sebesar 2 ribu dollar AS atau Rp 29 juta ketika ia mau menjadi “runner”. Ketika mengantar narkoba, anak muda itu akhirnya ditangkap oleh pihak berwajib.

GTA Online. (Rockstar)
GTA Online. (Rockstar)

Dikutip dari Unilad, tiga anak laki-laki berusia antara 11 dan 14 tahun dilaporkan melakukan perjalanan ke sebuah rumah yang dikelola oleh Northeast Cartel, yang berbasis di Tamaulipas, Meksiko, setelah dibujuk oleh kartel tersebut. Kali ini mereka direkrut dengan memanfaatkan game Free Fire.

Baca :  Kartu The Lord of the Rings: Tales of Middle-earth Dirilis, Gerbang Sempurna untuk Mengenal MTG

Baca Juga:
5 Senjata Paling Kuat dalam Sejarah Video Game

Mereka ditawari pekerjaan oleh kartel setelah dihubungi di grup WhatsApp terkait game mobile Free Fire. Anak-anak itu diduga menjadi sasaran kartel karena ketertarikan mereka pada senjata.

Dua kasus berbeda di atas terkait GTA Online dan Free Fire mengindikasikan bahwa kartel narkoba Meksiko memiliki kelihaian dalam memanfaatkan gamer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.