Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Pria 56 Tahun Asal Turki Positif Covid-19 selama Setahun Lebih, Kok Bisa?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Manggis merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Vietnam dan Thailand, termasuk Indonesia. Buah manggis memiliki penampilan dan rasa yang unik. Lantas, apa manfaat buah manggis untuk kesehatan?

Diketahui, manggis atau yang memiliki nama latin Garcinia mangostana ini adalah buah tropis yang dibudidayakan terutama di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Manggis bukan hanya lezat tetapi juga sangat menyehatkan. Banyak obat herbal yang menggunakan bahan utama buah manggis. Studi ilmiah menunjukkan bahwa buah ini memiliki sifat antioksidan, anti-kanker, anti-inflamasi, dan antimikroba yang kuat  

Selain itu, senyawa aktif dalam manggis memainkan peran penting dalam memerangi penyakit kanker, diabetes, jantung, dan otak. Untuk selengkapnya, berikut ini manfaat buah manggis yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga:
4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker

1. Mengontrol Diabetes

Manggis mengandung fitokimia, termasuk xanthone dan mangostin. Ini adalah antioksidan kuat yang dapat menetralisir aktivitas radikal bebas dan meningkatkan kesehatan sel pankreas penghasil insulin (sel pulau Langerhans) pada penderita diabetes. Oleh karena itu, manggis adalah asupan antidiabetes dan anti-hiperglikemik yang menjanjikan.

2. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Senyawa bioaktif utama dalam buah manggis yakni alpha-mangostin, yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Alpha-mangostin dapat berinteraksi dengan gen yang memproduksi senyawa interleukin dan oksida nitrat dalam tubuh Anda. Selain itu, senyawa ini juga mengontrol tingkat keparahan penyakit inflamasi kronis.

Manggis juga memiliki efek anti alergi yang kuat. Anda dapat mengoleskan produk atau ekstrak berbahan dasar manggis secara topikal untuk mengontrol eksim. Makan buah ini juga dapat membantu mengurangi keparahan penyakit jantung, paru -paru, diare, disentri , diabetes, dan kondisi neurodegeneratif lainnya.

Baca :  4 Penyebab Telinga Gatal Paling Umum, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Baca Juga:
Punya Kandungan Nutrisi yang Sehat, Ini 5 Manfaat Kesehatan Buah Manggis

3. Dapat Mencegah Kanker

Xanthone manggis memiliki berbagai aktivitas biologis. Xanthone ini telah terbukti menginduksi kematian sel terprogram (apoptosis) pada sel kanker. Dalam penelitian, senyawa inj juga menunjukkan efek pencegahan yang baik terhadap kanker payudara, prostat, dan usus besar.

4. Menurunkan Berat Badan

Pengobatan herbal menggunakan buah-buahan asli, salah satunya manggis. Manggis ini bermanfaat mengobati obesitas dan kondisi terkait lainnya. Molekul aktif di dalamnya, seperti alpha-mangostin, menghambat enzim pankreas yang bertanggung jawab untuk akumulasi lemak. Berbagai uji klinis menyelidiki peran manggis dalam penurunan berat badan dan peradangan. 

5. Sebagai Anti Jerawat

Manfaaat dari buah manggis berikutnya yaitu sebagai anti jerawat. Ekstrak buah tropis ini memiliki sifat antimikroba yang sangat baik. Manggis membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi Propionibacterium acnes, yang umumnya dikenal sebagai jerawat.

Demikian informasi mengenai manfaat buah manggis. Selain manfaat di atas, ada juga manfaat lainnya seperti meremajakan kulit, mengontrol tekanan darah, dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.