Menanti kiprah bagus Indonesia pada Piala Dunia U20

Jakarta (ANTARA) – Genap sudah 24 tim peserta Piala Dunia U20 terkonfirmasi setelah empat semifinalis Piala Asia U20 diketahui Minggu malam 12 Maret kemarin.

Irak dan Uzbekistan yang keduanya pernah dihadapi Indonesia dalam fase grup Piala Asia U20 tahun ini, lolos ke Piala Dunia U20 setelah menyisihkan Iran dan Australia.

Sehari kemudian Korea Selatan dan Jepang menyikat lawannya masing-masing untuk merebut dua jatah Asia lainnya untuk turnamen yang segera diadakan Mei mendatang di Indonesia itu.

Empat wakil Asia itu menyusul 20 tim lainnya, termasuk Indonesia, ke turnamen FIFA yang baru kali ini diadakan di Indonesia.

Siapa tim U20 yang menjadi kampiun Asia baru diketahui akhir pekan ini, tetapi empat semifinalis sudah pasti turut berkompetisi di Indonesia mulai 20 Mei mendatang di enam kota di Indonesia itu.

Eropa atau UEFA menjadi zona pertama yang memastikan semua wakilnya lolos ke turnamen ini. Mereka adalah Inggris yang merupakan juara Piala Eropa U20 tahun lalu, kemudian runner up Israel, lalu Prancis dan Italia, serta Slovakia yang akan terbang ke Indonesia setelah mendapatkan tiket dari jalur playoff.

Zona berikutnya yang lebih dulu memastikan wakil-wakilnya adalah Amerika Utara, Tengah dan Karibia atau CONCACAF. Amerika Serikat menjuarai zona ini dengan rekor gol fantastis 17-0 dari empat pertandingan terakhirnya, untuk didampingi Republik Dominika, Guatemala dan Honduras.

Selandia Baru dan Fiji yang masing-masing menjadi juara dan runner up turnamen turnamen U20 zona Oseania pada 2022, juga bakal tampil di Indonesia.

Dari Amerika Selatan (CONMEBOL), Brazil yang menjuarai U20 zona ini pada 12 Februari 2023 akan didampingi Kolombia, Ekuador dan Uruguay.

Baca :  Calon pemain naturalisasi Sandy Walsh tiba di Indonesia

Afrika diwakili Senegal, Gambia, Nigeria dan Tunisia. Senegal adalah juara Piala Afrika U20 pada 2023. Mereka menggenggam catatan fantastis, selalu menang baik selama fase grup maupun babak gugur, dan tak sekalipun kebobolan.

Baca juga: Erick Thohir: penyelenggaraan Piala Dunia U-20 gerbang ke Piala Dunia

Selanjutnya: Bisa ciptakan kejutan

COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply