Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Merasa Kurang Percaya Diri dengan Bentuk Tubuh? Coba Perbanyak Habiskan Waktu di Alam

0

Cariberita.co.id – Banyak orang, terutama wanita mungkin kurang percaya diri atau merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh. Penelitian baru menunjukkan Anda harus keluar dan menghabiskan waktu di alam untuk menenangkan perasaan tersebut.

Dilansir dari Very Well Health, memiliki citra tubuh negatif dapat memicu perilaku seperti pola makan yang tidak teratur, yang dapat memiliki konsekuensi buruk bagi tubuh, pikiran, dan hubungan seseorang.

Ditambah dengan sekarang, mungkin lebih sulit untuk menghindari pikiran negatif soal tubuh saat menjelajahi media sosial.

Viren Swami, PhD, profesor psikologi sosial di Anglia Ruskin University di Cambridge, Inggris, memandang citra tubuh negatif sebagai masalah kesehatan masyarakat utama di seluruh dunia.

Baca Juga:
Bikin Pangling! Lama Tidak Ada Kabar Syahrini Pamer Potret Terbaru, Tubuh Kurusnya Jadi Sorotan

Penelitiannya berfokus pada cara untuk mendorong semua orang untuk mencintai dan menerima bagaimanapun bentuk tubuh. Di sisi lain, ia ingin anak-anak tumbuh dalam masyarakat di mana mereka dihargai dan diperhatikan karena kompetensi mereka, bukan karena tampilan fisik.

Baru-baru ini, dia dan rekannya menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di alam dapat mendukung proses kognitif yang membantu orang bangkit kembali ketika pikiran negatif tentang tubuh muncul.

Ilustrasi taman. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi taman. (Sumber: Shutterstock)

Berada di lingkungan alami, telah berulang kali dikaitkan dengan memiliki citra tubuh yang positif dalam penelitian sebelumnya.

Swami dan rekan menyurvei sekitar 400 orang tentang apresiasi tubuh mereka, paparan alam, dan “penerimaan rasional positif,” atau seberapa sering mereka menggunakan strategi untuk membantu diri mereka sendiri merasa lebih baik tentang tubuhnya.

Setelah mengumpulkan semua tanggapan, Swami memperhatikan bahwa seiring dengan bertambahnya waktu peserta di alam (taman kota, pantai, pedesaan, dan lainnya, apresiasi tubuh dan penerimaan rasional positif juga meningkat.

Baca Juga:
Dukung IMO 2020, Pertagas Niaga Uji Coba LNG untuk Bahan Bakar Kapal

Swami dan rekan kemudian melakukan analisis lebih lanjut dan menemukan bahwa mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di alam, lebih mungkin untuk mengatasi citra tubuh negatif dengan cara yang positif dan rasional.

Strategi mengatasi ini, kemudian, mungkin telah memungkinkan mereka untuk mengembangkan lebih banyak apresiasi dan penerimaan untuk tubuh mereka.

Karenanya, jika Anda sedang bergumul dengan perasaan negatif tentang tubuh Anda, tak ada salahnya untuk keluar rumah dan lebih banyak terpapar alam. Jika daerah pantai atau pegunungan terlalu jauh, Anda bisa berjalan-jalan atau pergi ke taman terdekat untuk menjernihkan pikiran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.