Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Croup Jadi Tanda Infeksi Varian Omicron pada Anak yang Tak Terduga, Orangtua Perlu Waspada

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Orang yang terinfeksi Covid-19 berisiko mengalami penyakit kardiovaskular 30 hari setelah terinfeksi virus, para peneliti menunjukkan dalam laporan terbaru di jurnal Nature Medicine.

Laporan tersebut menemukan bahwa penyintas rentan untuk mengembangkan 20 penyakit jantung dan pembuluh darah yang berbeda. Seperti, gagal jantung, perikarditis, miokarditis, stroke, gangguan serebrovaskular, dan disritmia.

Bahkan individu yang tidak dirawat di rumah sakit dengan infeksi ditemukan telah mengembangkan lebih banyak penyakit kardiovaskular, dibandingkan orang yang tidak pernah terinfeksi.

“Ada 20 gangguan jantung yang terdiagnosis untuk pasien yang menderita long Covid. Yang paling umum adalah sesak napas dan kelelahan,” kata Direktur program kesehatan jantung wanita di Northwell Health di NY Dr. Evelina Grayver, MD, dikutip dari Fox News.

Baca Juga:
Mengenal Varian Omicron Siluman: Tingkat Penularan dan Seberapa Berbahaya Mutasi Ini?

Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)

Ia menambahkan, aritmia atau irama jantung abnormal juga signifikan terjadi dan dapat menjadi sangat menganggu bagi banyak pasien.

Para peneliti menganalisis catatan kesehatan lebih dari 11 juta veteran AS dan menemukan veteran yang positif Covid-19 satu tahun sebelumnya, memiliki risiko yang meningkat secara signifikan untuk 20 kondisi jantung dan pembuluh darah yang berbeda, dibandingkan dengan mereka yang tidak terinfeksi.

“Sehubungan dengan long Covid dan gejala kardio, ada banyak hal mulai dari sesak napas yang signifikan hingga palpitasi hingga ketidakmampuan untuk menyelesaikan latihan,” kata Grayver.

Grayver mengatakan bahwa banyak pasien yang menderita efek kardiovaskular dari Covid-19 yang lama seperti miokarditis dan takut untuk berolahraga. Tetapi mereka juga mengakui kalau olahraga dapat memainkan peran penting dalam pemulihan.

“Orang dengan riwayat miokarditis dan dengan rasa takut berolahraga harus mengambil bagian dalam program rehabilitasi jantung,” katanya.

Baca :  Dapat Mempengaruhi Perkembangan Janin, Ibu Hamil Jangan Lupa Penuhi Asupan Yodium

Baca Juga:
Gampang Lemas Usah Sembuh, Benarkah Omicron Sebabkan Long Covid-19?

Ahli jantung mengatakan, banyak pusat telah dibuka untuk memungkinkan orang yang pulih dari Covid-19 untuk berolahraga di lingkungan yang terkendali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.