Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Gasliko optimistis lalui babak penyisihan Grup D Liga 3 Nasional

37+ Mockup Psd File Background

0
Jakarta (ANTARA) –

Wakil Ketua Komisi Wasit Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yoshimi Ogawa menilai Referee Evaluation Resource (Refer) System untuk penilai wasit akan sangat membantu wasit selama bertugas memimpin pertandingan sepak bola.

Dia menjelaskan, sistem tersebut digagas oleh Departemen Perwasitan PSSI, guna menunjang tugas dan mengawasi wasit sehingga bisa lebih teliti dalam mengambil keputusan.

“Refer System adalah sistem terintegrasi yang memungkinkan secara independen menganalisa lebih dari 80 kompetensi berbeda dari performa wasit,” kata Ogawa dalam Refereeing Media Briefing di ruangan Sekretariat PSSI Pers, Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan sistem itu juga bisa membantu menilai wasit dengan KMI (Key Match Incident), menganalisis pertandingan, dan mengatur tata cara penerapan/protokol video assistant referee (VAR).

Refer System juga membantu mengedukasi perubahan law of the games (LOTG) sepak bola yang berlaku pada musim 2024-2025.

Dengan begitu, kata Ogawa, sistem itu memungkinkan adanya evaluasi secara berkala untuk performa wasit guna membantu mengembangkan kinerja mereka.

Baca juga: PSSI gelar kursus wasit untuk sambut Liga 1 musim 2024/2025

 

 

Wakil Ketua Komisi Wasit Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Yoshimi Ogawa, menjawab pertanyaan wartawan di Sekretariat PSSI Pers, GBK Arena, Jakarta, Senin (8/7/2024). ANTARA/Donny Aditra

“Sistem ini sudah dipakai di Liga Inggris dan berdampak sangat baik untuk kompetisi. Oleh sebab itu saya mengapresiasi langkah Ketum PSSI yang telah mau mengadopsi sistem itu untuk kompetisi Liga 1 musim depan,” ujar pria asal Jepang yang sangat berpengalaman di Liga Jepang dan dunia perwasitan Asia itu.

Dia juga menilai Refer secara tidak langsung mengedukasi klub dan media dengan informasi yang ada sehingga membantu membangun pemahaman yang sama mengenai keputusan yang dibuat wasit.

Ogawa menambahkan, PSSI akan menerima dampak bagus penggunaan sistem itu karena bakal menerima semua data laporan dari semua wasit dan insiden sehingga membantu memberikan feedback terkait wasit yang tampil baik, serta mengetahui wasit  yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kinerjanya.

Baca :  Timnas U-19 tetap berpuasa selama pemusatan latihan di Korea Selatan

Refer system rencananya diimplementasikan oleh PSSI pada Liga 1 Indonesia musim 2024/2025.

Baca juga: PT LIB tetap gunakan wasit asing di Liga 1 2024/2025

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024

Leave A Reply

Your email address will not be published.