Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Pria Wajib Tahu, Virus Corona Covid-19 Bisa Sebabkan Ereksi Berkelanjutan Dalam 24 Jam!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Virus corona Covid-19 tidak hanya sekadar penyakit pernapasan, tetapi juga virus yang menyerang banyak organ tubuh lainnya.

Gejala virus corona Covid-19 pada setiap orang pun bisa berbeda-beda tergantung pada cara sistem kekebalan tubuhnya bereaksi terhadap patogen.

Meskipun gejala umum virus corona Covid-19 berupa demam, sakit tenggorokan, pilek dan batuk. Ada pula yang mengalami sakit perut sebagai gejala virus corona Covid-19.

Sakit perut adalah gejala virus corona Covid-19 yang sama seperti halnya demam, sakit tenggorokan dan pilek.

Baca Juga:
Varian Omicron Bisa Picu 7 Gejala Neurologis dan Long Covid-19 hingga 12 Minggu

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang yang positif virus corona memiliki setidaknya 1 gejala gastrointestinal, seperti diare, muntah, dan sakit perut.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Menurut WHO, mereka yang dirawat di rumahs akit, 25,9 persennya mengalami masalah gastrointestinal terkait virus corona Covid-19.

Pada Maret 2020, laporan dari Forben mengatakan bahwa sakit perut dan diare mungkin merupakan tanda pertama dari infeksi virus corona Covid-19.

Laporan tersebut merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasien virus corona dengan gejala gastrointestinal bisa memiliki hasil yang buruk dan peningkatan risiko kematian.

Hal ini menggarisbawahi perlunya mengevaluasi gejala GI, termasuk mual, muntah dan diare sebagai gejala potensial virus corona Covid-19, sebelum berkembang menjadi gejala pernapasan.

Baca Juga:
WHO: Varian Virus Corona yang Lebih Menular dan Bahaya Masih Bisa Muncul

Studi lain terhadap 25.252 orang menemukan bahwa gejala gastrointestinal terkait virus corona yang umum adalah kurang nafsu makan, kehilangan penciuman dan perasa, diare, mual, sakit perut, dan muntah darah.

Baca :  5 Jenis Olahraga yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tapi dilansir dari Times of India, beberapa orang mungkin bingung membedakan sakit perut terkait virus corona dan sakit perut biasa,

Nyeri perut terkait virus corona dalah nyeri umum di sekitar bagian tengah perut Anda. Anda mungkin merasa sakit di sekitar area perut

Saat ini, sakit perut biasanya terjadi pada beberapa hari pertama infeksi. Pada kebanyakan orang, gejala ini cenderung berlangsung cukup cepat (dalam satu atau dua hari).

Meskipun ini tergolong gejala yang langka, penelitian itu mengatakan seseorang harus tes Covid-19 bila mengalami diare dan sesak napas.

“Dalam kasus yang lebih ringan, sakit perut biasanya muncul bersamaan dengan sakit kepala dan kelelahan. Mereka juga cenderung terjadi dengan hilangnya penciuman dan nyeri otot yang tidak biasa pada orang dewasa.

Sakit perut juga kadang-kadang bisa terjadi bersamaan dengan demam, sakit tenggorokan dan tidak nafsu makan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.