Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Booncit, Aplikasi short video yang mereview makanan murah di sekitarmu

37+ Mockup Psd File Background

0
Sayur asem adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki beragam variasi di setiap daerahnya. Salah satu variasi yang terkenal adalah sayur asem khas Cirebon. Sayur asem khas Cirebon memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari sayur asem pada umumnya.
Sayur Asem Khas Cirebon
gambar
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem khas Cirebon cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Bahan-bahan tersebut antara lain, kacang tanah kupas, jagung manis, labu siam, bayam, terong ungu, cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih, gula merah, asam jawa, dan garam.

Cara membuat sayur asem khas Cirebon tidaklah sulit. Pertama-tama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, tambahkan kacang tanah dan cabe rawit hijau yang sudah dihaluskan. Setelah itu, masukkan air secukupnya, gula merah, dan asam jawa. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.

Setelah air mendidih, masukkan terong ungu, labu siam, dan jagung manis. Tunggu hingga sayur matang dan bumbu meresap. Terakhir, masukkan bayam dan aduk sebentar. Sayur asem khas Cirebon siap dihidangkan dengan nasi hangat.

Sayur asem khas Cirebon memiliki rasa yang khas dan unik. Rasa asam dan manis dari asam jawa dan gula merah tercampur dengan sempurna dengan kelezatan kacang tanah, jagung manis, labu siam, dan bayam. Tak heran jika sayur asem khas Cirebon menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia, terutama di daerah Cirebon dan sekitarnya.

Sayur asem khas Cirebon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kacang tanah dan jagung manis mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Labu siam mengandung banyak air dan nutrisi penting seperti vitamin C dan kalsium. Bayam mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan darah. Asam jawa juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi kolesterol dan membantu mengatasi sakit kepala.

Baca :  Booncit, Aplikasi short video yang mereview makanan murah di sekitarmu

Dalam rangka menjaga kesehatan dan menjaga keanekaragaman kuliner Indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sayur asem khas Cirebon di rumah. Selain mudah dan cepat, sayur asem khas Cirebon juga dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatannya dan menikmati manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

sumber

Leave A Reply

Your email address will not be published.