Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kominfo: Pemerintah Tengah Siapkan Aturan Ekosistem Media, Termasuk Publisher Rights

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan sebanyak 11 stasiun bumi dibangun di beberapa wilayah di Indonesia untuk mendukung operasional Satelit Multifungsi Indonesia Raya 1 atau Satria-1.

Pemerintah saat ini diketahui tengah menyiapkan stasiun bumi untuk satelit yang akan menjadi jembatan angkasa telekomunikasi, khususnya di kawasan terdepan, tertinggal dan terluar (3T).

“Kini tengah dalam proses pabrikasi di Cannes, Prancis yang dikerjakan oleh Thales Alenia Space. Di Indonesia sejumlah aktivitas pun digelar. Salah satunya dengan pembangunan Satelit Stasiun Bumi yang akan ditempatkan di 11 lokasi,” ujar Plate seperti dilansir dari Antara, Rabu (23/2/2022).

Hal itu dikatakan Plate saat meninjau lokasi pembangunan Ruang Kontrol Satelit Bumi Satria-1 di Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:
Program Satelit Satria Peroleh Penghargaan PFI Awards 2021

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo membangun gateway di 11 lokasi tersebut dengan pertimbangan pemerataan akses dan percepatan transformasi digital.

“Pemerintah, atas nama Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menunjuk terus berupaya menghadirkan konektivitas secara merata di seluruh pelosok Tanah Air, sebagai fondasi utama dalam transformasi digital,” ucap Plate.

Plate menjelaskan pembangunan Satria-1 juga melibatkan pemerintah daerah dan tokoh masyarakat, terutama berkaitan dengan penempatan stasiun bumi.

Saat ini terdapat tiga jenis stasiun bumi yang disiapkan Kementerian Kominfo. Pertama, Pengendali Satelit Primer yang berfungsi sebagai stasiun pusat pengendali dan pengawas alur pergerakan satelit mengontrol proses penerimaan sinyal.

Kedua, Network Operation Control (NOC) berfungsi untuk mengawasi, mengendalikan serta mencatat aktivitas jaringan yang sedang berlangsung untuk memastikan semuanya berjalan sesuai standar dan rencana yang telah ditentukan.

Baca Juga:
Pembangunan Satelit Satria-1 Sudah Capai 33 Persen

Baca :  Menkominfo Berduka Atas Tewasnya 8 Karyawan PTT yang Sedang Perbaiki BTS di Papua

Ketiga, Gateway Satelitte (juga disebut sebagai teleport atau HUB), merupakan stasiun bumi yang mengirimkan data ke dan dari satelit ke local area network.

Leave A Reply

Your email address will not be published.