Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Lanjut Another Mineral Water | KASKUS

37+ Mockup Psd File Background

0
Serabi Kucur (Serabi Ngampin) – Kuliner Nusantara

Serabi Kucur, Jajanan Yang Dapat Mendatangkan Jodoh

Hay…hay.. Gan, Sist
Sudah cukup lama nandeko tidak mengajak kalian semua menikmati lezatnya kuliner nusantara… .
Nah, untuk mengobati rasa rindu Gan-Sist, kali ini nandeko akan menyajikan jajana dari daerah Ngampin, Ambarawa.

Serabi Kucur, Jajanan Yang Dapat Mendatangkan Jodoh

Serabi Kucur, yap… makanan kali ini adalah serabi, makanan yang sudah cukup familiar di Indonesia. Tapi ada yang membedakan Serabi Ngampin ini dengan misalnya, serabi kinca khas Bandung atau serabi Solo. Dimana serabi di sajikan dengan kuah yang terbuat dari gula merah dan santan yang encer, juga dari segi ukuran, serabi ini bisa dibilang cukup mungil dan tipis, namun soal rasa dijamin maknyoss…

Serabi Kucur, Jajanan Yang Dapat Mendatangkan Jodoh

Serabi Kucur, Jajanan Yang Dapat Mendatangkan Jodoh

Bahan pembuatan serabi sendiri juga tidak jauh berbeda dari serabi-serabi yang lain, yaitu tepung beras dan campuran santan. Untuk proses memasaknya sendiri, serabi kucur (warga biasanya menyebut serabi ngampin) masih mengunakan peralatan tradisional, mulai dari kompor yang masih menggunakan tungku dan wajan kecil yang terbuat dari tanah liat.

Serabi Kucur, Jajanan Yang Dapat Mendatangkan Jodoh

Rasa hangan yang hadir dalam sepiring serabi yang di guyur manisnya, gurihnya kuah gula merah, apalagi dimasak langsung sebelum disajikan, aroma harum dari proses pemasakan dari kayu menambah nikmatnya serabi kucur ini.

Saat digigit, tekstur empuk nan lembut langsung terasa. Samar-samar ada rasa gurih dari campuran santan. Kuah santannya pun terasa gurih ketika diseruput, berpadu dengan manisnya gula merah, namun tetap ringan.
Ada juga beberapa isian opsional, yaitu ketan hitam ataupun durian. Untuk harganya juga aman di kantong, dengan Rp,10.000 Gan,Sist sudah bisa mencicipi jajanan nikmat ini

Uniknya nih Gan,Sist ada sebuah kepercayaan dari warga sekitar tentang serabi Ngampin ini,
Jaman dahulu, orang-orang akan berjualan serabi sebelum bulan Syaban, tepatnya 15 hari sebelum puasa.

Baca :  Lanjut Another Mineral Water | KASKUS

Di waktu tersebut, orang-orang yang masih bujang akan berjalan-jalan dan menyantap serabi di malam hari. Konon, mereka akan mendapatkan jodoh bila melakukan ritual ini.

Entah benar atau tidak, menurut pemikiran nandeko sih kalau orang yang masih bujang baik laki-laki maupun perempuan, dan kebetulan makan serabi di tempat yang sama bisa jadi mereka akan jatuh cinta pada pandanga pertama… asekk, jadi Gan,Sist jika tak kunjung mendapatkan jodoh sering seringlah jajan di luar, hehehe.

Nah, kuliner ini juga tidak sulit di cari, kios – kios berjejer di sepanjang Jalan Raya Magelang-Semarang, dan mulai buka dari pukul 08.00-22.00.

Sampai Jumpa Di Kuliner Nusantara Selanjutnya
Saya nandeko
Salam Uhuyy…
emoticon-Ngacir

Leave A Reply

Your email address will not be published.