Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  7 Tanda Mengalami Burnout, Termasuk Jadi Mudah Menangis

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Stres dan kecemasan tidak hanya sekadar mempengaruhi pikiran, tetapi juga kesehatan dalam jangka pendek maupun panjang.

Karena itu, Anda harus bisa mengendalikan stres dan kecemasan dengan berbagai cara. Selain mengonsumsi makanan yang disukai atau memiliki waktu sendiri, ada banyak aktivitas lain yang bisa membantu menenagkan pikiran dan stres.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa aktivitas yang bisa membantu menenangkan pikiran dan stres.

1. Membuat atau menghancurkan sabun

Baca Juga:
Sembuh dari Virus Corona Covid-19, Balita 2 Tahun Alami Disfungsi Organ Ganda!

Kulit adalah organ tubuh terbesar kita, sehingga kita perlu memperhatikan setiap produk perawatan kulit yang dipakai mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak.

Oleh sebab itu, sekarang banyak orang mencoba membuat sabun sendiri dengan minyak, wewangian dan pewarna kesukaannya.

Anda juga perlu tahu bahwa membuat sabun sendiri ini bisa membantu Anda lebih tenang. Bila tidak, Anda juga bisa mencoba memotong-motong sabun.

Melihat orang memotong sabun dengan ASMR memberikan stimulasi pada pendengaran dan visual kita agar lebih tenang. Bila Anda melakukannya sendiri, ini juga akan melatih indra penciuman dan sentuhan Anda.

Ilustrasi Mendengarkan Musik (Pexels/Andrea Piacquadio/ruslanyogaswara)
Ilustrasi Mendengarkan Musik (Pexels/Andrea Piacquadio/ruslanyogaswara)

2. Mendengarkan lagu sedih

Baca Juga:
Ilmuwan Mencoba Menciptakan Virus Corona di Laboratorium, Penemuannya Mengejutkan!

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik sedih justru membantu melatih imajinasi, regulasi emosi dan empati.

Lagu sedih membangkirkan nostalgia pada peserta dan kesenangan, bukan emosi negatif. Jadi, mendengarkan lagu sedih justru tidak akan membuat Anda semakin terpuruk.

3. Meniup ibu jari

Parcaya atau tidak, ibu jari memiliki kekuatan super untuk membantu menenangkan kita. Ahli mengatakan meniup ibu jari bisa menenangkan detak jantung dan memperdalam pernapasan Anda.

Baca :  Dampak Positif Berpelukan, dari Mengurangi Stres hingga Meningkatkan Kesehatan pada Lansia

Selain itu, menekan salah satu ibu jari juga membantu meredakan kecemasan. Jadi, Anda bisa melakukannya ketika khawatir dan stres.

4. Bercocok tanam

Bercocok tanam atau berkebun tidak hanya membantu Anda lebih santai. Bertanam sama halnya dengan Anda berjemur di bawah sinar matahari yang bisa membantu menenangkan pikiran.

Sebuah penelitian menemukan ada sejenis bakteri ramah di tanah yang membuat otak memproduksi serotonin dan memiliki efek positif lainnya pada tubuh.

5. Bermain play-doh

Bermain play-doh tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Permainan ini bisa membantu menghilangkan stres.

Bermain play-doh mempengaruhi sistem saraf dengan mengirimkan pesan positif. Apalagi, bermain play-doh biasanya tidak membosankan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.