Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Nyeri pada Dada, Apa Pertanda Serangan Jantung?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Vitamin D merupakan salah satu dari beberapa kebutuhan nutrisi agar tubuh sehat. Selain paparan sinar matahari, vitamin ini juga dapat diperoleh melalui makanan, seperti daging merah, hati, kuning telur, dan ikan berminyak.

Berdasarkan Inverse, vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium oleh tubuh. Nutrisi ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi sel.

Selain itu, ternyata vitamin D juga berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular atau jantung. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang terbit di European Heart Journal.

Dalam studi ini, peneliti menggunakan sampel darah, informasi genetik, dan riwayat kesehatan 295.788 orang untuk mengungkap hubungan antara rendahnya vitamin D dan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga:
Jangan Berlebihan, Konsumsi Daging Merah Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Meskipun peran pastinya dalam kesehatan kardiovaskular tidak diketahui, jantung tampaknya membutuhkan vitamin D.

Ilustrasi vitamin D (Shutterstock)

“Kami telah lama mengetahui bahwa berbagai bagian dalam sistem kardiovaskular mengekspresikan reseptor untuk hormon vitamin D, serta enzim yang diperlukan untuk metabolisme vitamin D,” jelas profesor epidemiologi nutrisi dan genetik, Hyppönen, di University of South Australia.

Menggunakan metode pengacakan Mendel, peneliti kemudian mengelompokkan semua peserta dalam profil genetik yang sama.

Hal itu memungkinkan peneliti untuk mengisolasi kadar vitamin D sebagai satu-satunya faktor yang berdampak pada tingkat penyakit kardiovaskular.

Hasilnya ditemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Beban penyakit ini dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan vitamin D yang rendah di masyarakat

Baca Juga:
Makan Sendirian Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular pada Wanita Lanjut Usia

Baca :  Mengenal Hiperseks, Kondisi Wanita di Jambi Tersangka Pencabulan 17 Anak
Leave A Reply

Your email address will not be published.