Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Terpopuler: Tanda Covid-19 di Indonesia Dalam Bahaya Hingga Risiko Terlalu Sering Makan Mi Instan

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sebuah studi baru menemukan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan infeksi COVID-19 yang parah hingga kematian. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE.

Dilansir Zeenews, para peneliti dari Fakultas Kedokteran Azrieli Universitas Bar-Ilan di Safed, Israel dan Pusat Medis Galilee di Nahariya, Israel menunjukkan korelasi antara kekurangan vitamin D dan tingkat keparahan dan kematian COVID-19.

Penelitian ini adalah salah satu yang pertama menganalisis kadar vitamin D sebelum infeksi, yang memfasilitasi penilaian yang lebih akurat selama rawat inap, ketika kadarnya mungkin lebih rendah akibat penyakit virus.

Temuan yang dilaporkan dibangun berdasarkan hasil yang awalnya dipublikasikan di MedRxiv.

Baca Juga:
Ada Potensi Penularan Covid-19 Saat Pasien Isoman, Camat di Jogja Diminta Tegas Buat Pembatasan

Catatan 1.176 pasien yang dirawat antara April 2020 dan Februari 2021 ke Galilee Medical Center (GMC) dengan tes PCR positif dicari kadar vitamin D yang diukur dua minggu hingga dua tahun sebelum infeksi.

Pasien dengan defisiensi vitamin D (kurang dari 20 ng/mL) 14 kali lebih mungkin memiliki kasus COVID -19 yang parah atau kritis dibandingkan mereka yang memiliki lebih dari 40 ng/mL.

Hal yang mengejutkan, kematian di antara pasien dengan kadar vitamin D yang cukup adalah 2,3 persen, berbeda dengan 25,6 persen pada kelompok yang kekurangan vitamin D. 

Studi ini disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, musim (musim panas/ atau musim dingin), penyakit kronis, dan menemukan hasil serupa yang menyoroti bahwa tingkat vitamin D yang rendah berkontribusi secara signifikan terhadap keparahan penyakit dan kematian.

“Hasil kami mengungkap bahwa disarankan untuk mempertahankan kadar vitamin D normal. Ini akan bermanfaat bagi mereka yang tertular virus,” kata Dr Amiel Dror, dari Pusat Medis Galilee dan Fakultas Kedokteran Universitas Bar-Ilan Azrieli yang memimpin studi.

Baca :  Kapan Pandemi Berubah Jadi Endemi? Satgas COVID-19: Otoritas Milik WHO

Baca Juga:
Dinas Kesehatan DKI Klaim Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Menurun

“Ada konsensus yang jelas untuk suplementasi vitamin D secara teratur seperti yang disarankan oleh otoritas kesehatan setempat serta organisasi kesehatan global,” tambah Dror.

Dr Amir Bashkin, seorang Ahli Endokrinologi yang berpartisipasi dalam penelitian ini, menambahkan bahwa vitamin D yang cukup juga memiliki manfaat tambahan untuk respons kekebalan yang tepat terhadap penyakit pernapasan.

“Studi ini berkontribusi pada bukti yang terus berkembang yang menunjukkan bahwa riwayat kekurangan vitamin D pada pasien adalah faktor risiko prediktif yang terkait dengan perjalanan penyakit klinis dan kematian COVID-19 yang lebih buruk,” kata rekan penulis studi Prof. Michael Edelstein, Fakultas Kedokteran Azrieli Universitas Bar-Ilan.

“Masih belum jelas mengapa individu tertentu menderita konsekuensi parah dari infeksi COVID-19 sementara yang lain tidak. Temuan kami menambah dimensi baru untuk memecahkan teka-teki ini,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.