Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Update Covid-19 Global: Malaysia dan Singapura Berencana Buka Perbatasan Darat

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Pemberian booster sebagai vaksin dosis ketiga sudah bergulir sejak beberapa waktu yang lalu. Orang-orang yang sudah menerima dua dosis vaksin dan berada dalam kondisi sehat bisa menerimanya sesuai jadwal. Namun kapan vaksin booster setelah positif Covid bisa diberikan? Apakah jadwalnya akan serupa?

Pemberian booster pada pasien penyintas Covid sendiri diatur secara ketat, sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh pasien tersebut. Yang jelas, sebelum menerima booster, pasien harus dinyatakan benar-benar sembuh dan tidak lagi memiliki sisa virus Covid di dalam tubuhnya.

Penundaan Booster Pasca Covid

Pada varian pertama dan Delta, masa penundaan disarankan sebelum menerima vaksin. Hal ini disebabkan karena setelah sembuh dari varian-varian ini, tubuh secara alami memiliki kekebalan yang cukup tinggi pada virus Covid tersebut. Jadi pemberian booster bisa ditunda.

Baca Juga:
Bangkit dari Pandemi COVID-19, Kadin Jateng Optimis Pariwisata Jadi Salah Satu Potensi Ekonomi yang Bisa Diandalkan

Beberapa data menunjukkan pemberian vaksin setelah sembuh dari Covid sendiri bisa beragam antara 30, 60, hingga 90 hari dari jadwal yang sebelumnya ditetapkan. Namun demikian, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda, sebab hal ini juga akan tergantung dengan kondisi tubuh dan kesiapan yang dimiliki tubuh Anda sendiri.

Ilustrasi suntik Vaksinasi Booster (pexels)
Ilustrasi suntik Vaksinasi Booster (pexels)

Perbedaan untuk Varian Omicron

Nah, kasus berbeda diberlakukan untuk varian Omicron. Pada banyak penelitian yang dilakukan, varian Omicron memiliki kemampuan untuk lepas dari daya tahan yang terbentuk dari infeksi sebelumnya. Maka dari itu, data yang diperlukan masih cukup banyak untuk memastikan kapan vaksin booster setelah positif Covid Omicron.

Acuan yang dikeluarkan CDC sendiri, suntikan tambahan setelah masa isolasi Omicron selesai bisa dilakukan. Selama memenuhi syarat untuk melakukan booster atau bahkan vaksin pertama atau kedua, Anda bisa mendapatkan vaksin ini sesuai jadwal.

Baca :  Agar Tak Banyak Vaksin Kedaluwarsa, Percepatan Vaksinasi Harus Libatkan Banyak Pihak

Di Indonesia sendiri, aturan pemberian vaksin booster bagi penyintas Covid-19 serta Omicron diterbitkan oleh  Kementerian Kesehatan. Di mana jangka waktu vaksinasi booster setelah terinfeksi Omicron adalah minimal 1 bulan untuk gejala ringan dan 3 bulan untuk gejala berat setelah dinyatakan sembuh.

Baca Juga:
Dipersingkat, Interval Vaksin Booster hanya 3 Bulan Setelah Vaksin Dosis Primer

Dengan catatan, jangka waktu vaksinasi booster adalah minimal 6 bulan sejak penyintas mendapat vaksin lengkap dua dosis.

Namun tentu saja, agar lebih aman dan terjamin, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda, yang mengetahui secara pasti mengenai kondisi tubuh Anda. Jadi nantinya bisa diberikan rekomendasi terbaik dan paling tepat, terkait pemberian booster ini sendiri.

Itu tadi sedikit informasi terkait kapan vaksin booster setelah positif Covid. Semoga bisa jadi satu informasi yang bermanfaat, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya. Semoga selalu sehat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.