Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ketua Satgas IDI Ungkap 5 Obat Covid-19 Tak Guna dan Punya Efek Samping: Dari Antibiotik Hingga Ivermectin

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kabar mengenai bahwa partikel virus corona mampu bertahan di udara telah lama terdengar sejak pandemi diumumkan. Kini sebuah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa partikel kecil virus corona mungkin tetap lembab dan mengudara untuk waktu yang lebih lama.

Peneliti juga menemukan, bahwa partikel virus itu melakukan perjalanan ke jarak yang lebih jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.  Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Communications in Heat and Mass Transfer, mengamati lendir yang melapisi tetesan pernapasan yang dimuntahkan orang dari paru-paru mereka.

Dilansir dari India Today, para peneliti dari Laboratorium Nasional Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) Departemen Energi AS mencatat bahwa lendir memungkinkan banyak virus untuk melakukan perjalanan lebih jauh daripada yang seharusnya, memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan dari satu orang ke orang lain.

Sebuah kesepakatan  umum menyatakan bahwabahwa tetesan aerosol yang sangat kecil hanya beberapa mikron, seperti yang diproduksi di paru-paru, mengering di udara hampir seketika, menjadi tidak berbahaya.

Baca Juga:
Mulai Dipasarkan Minggu Ini, Segini Harga Obat COVID-19 Movfor

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

Namun, tim PNNL menemukan bahwa cangkang lendir yang mengelilingi tetesan pernapasan kemungkinan mengurangi tingkat penguapan, meningkatkan waktu partikel virus di dalam tetesan tetap lembab.

Karena virus yang diselimuti seperti SARS-CoV-2 memiliki lapisan lemak yang harus dijaga tetap lembab agar virus dapat menular, penguapan yang lebih lambat memungkinkan partikel virus menular lebih lama.

Tim memperkirakan bahwa tetesan yang terbungkus lendir bisa tetap lembab hingga 30 menit dan berjalan hingga sekitar 200 kaki atau 60 meter. 

“Ada laporan tentang orang yang terinfeksi virus corona melawan arah angin dari orang yang terinfeksi atau di sebuah ruangan beberapa menit setelah orang yang terinfeksi keluar dari ruangan itu,” kata Leonard Pease, penulis studi terkait.

Baca :  Ketua Satgas IDI Ungkap 5 Obat Covid-19 Tak Guna dan Punya Efek Samping: Dari Antibiotik Hingga Ivermectin

“Gagasan bahwa virion yang diselimuti dapat tetap terhidrasi dengan baik dan dengan demikian sepenuhnya infektif pada jarak yang cukup jauh konsisten dengan pengamatan dunia nyata. Mungkin tetesan pernapasan yang menular bertahan lebih lama dari yang kita sadari,” tambah Pease.

Baca Juga:
Pegawai Kelurahan Gedongkiwo Positif Covid-19, Pelayanan Ditutup 5 Hari

Para peneliti mencatat bahwa meskipun ada banyak faktor yang diusulkan sebagai variabel dalam bagaimana Covid-19 menyebar, lendir sebagian besar tetap diabaikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.