Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Ahli Sarankan Pasien Kanker Konsultasi Lewat Telemedicine

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Diabetes masih menjadi penyakit yang cukup bermasalah bagi banyak orang, termasuk anak-anak. Berdasarkan data International Diabetes Federation, sebanyak 1,52 juta anak di dunia alami diabetes tipe 1. Pada 2021, dikatakan sekitar 6,7 juta orang meninggal akibat diabetes.

Indonesia sendiri hingga kini menempati posisi 9 dari 10 negara dengan kasus diabetes terbanyak di dunia pada 2010. Diperkirakan pada 2030 mendatang, kasus diabetes di Indonesia akan meningkat hingga menempati peringkat ke-6 di dunia.

Terkait kasus diabetes sendiri, pada dasarnya dapat dicegah agar tidak semakin parah dengan menjaga pola hidup yang baik. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui tanda-tanda diabetes pada seseorang.

Hal sederhana yang dapat membantu mengetahui kondisi diabetes adalah kebiasaan ngompol kembali. Executive Director of International Pediatric Association, Prof. Aman B. Pulungan, MD, Ph.D, Sp.A(K), FAAP, FRCPI (Hon.) mengatakan, mengompol bisa menjadi tanda-tanda diabetes.

Baca Juga:
Jadwal Buka Puasa Bandung Hari Ini, Selasa 28 Maret 2023

Orang yang alami diabetes dapat diketahui dari kebiasaan mengompol yang kembali ada. Padahal, sebelumnya orang tersebut sudah tidak mengompol. Selain itu, biasanya orang yang alami diabetes juga akan banyak makan, minum, buang air kecil, berat badan menurun, hingga kondisi yang lemas.

“Tanda diabetes itu banyak makan, banyak minum, banyak kencing, berat badan turun, dan lemas loyo. Satu lagi, yang tadinya anak itu tidak mengompol, bisa ngompol lagi,” ungkap Prof Aman dalam acara media workshop ‘Cegah Diabetes Prematur pada Anak dan Remaja’ bersama Prodia, Selasa (28/3/2023).

Terkait masalah ngompol ini juga tidak memiliki usia tertentu. Bahkan, orang dewasa juga berpotensi alami masalah ini. Oleh sebab itu, menurut Prof Aman, ketika mengalami gejala-gejala, termasuk ngompol, orang-orang harus berpikir kalau itu bisa menjadi tanda diabetes.

Baca :  Ini Bedanya dengan Hipertensi dan Asam Urat, Jangan Sampai Tertukar!

Tidak hanya itu, Prof Aman menjelaskan, orang yang alami diabetes juga terkadang menunjukkan gejala-gejala penyakit lainnya. Bahkan, beberapa kasus orang malah salah diagnosa dan dikira penyakit lainnya.

“Untuk diagnosa terutama tipe 1 ya karena memang dia datangnya bisa karena sesak, sakit perut, bisa lemas, muntah-muntah, ada yang bahkan didiagnosis seperti usus buntu, bahkan pernah dioperasi. Ada juga yang pernah dianggap asma. Jadi emang gejalanya seperti itu,” jelas Prof Aman.

Baca Juga:
Tidur Mendengkur, Masalah Tidur yang Tidak Boleh Diabaikan

Jika mengalami berbagai gejala tersebut, Prof Aman menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan baik di rumah atau fasilitas pelayanan kesehatan yang ada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.