Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  7 Manfaat Kesehatan Buah Belimbing, Dikenal Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sejumlah orang kerap mengeluhkan berat badannya bertambah usai merayakan Idul Fitri. Bagaimana tidak, mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, juga aneka kue-kue kering selalu disantap tanpa henti.

Padahal perubahan pola makan dari sebelumnya puasa sebulan penuh lalu tidak lagi berpuasa yang jadi pemicu naiknya berat badan secara drastis dan mendadak, kata dokter spesialis gizi klinis dr. Nurul Ratna Mutu, M.Gizi.

“Karena asupannya banyak, makan tidak lagi dibatasi, dan yang utama adalah karena kita tidak mengubah gaya hidup dalam jangka waktu lama,” jelas dokter Nurul dikutip dari Info Sehat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu membagikan sejumlah tips yang belum terlambat dilakukan untuk mencegah berat badan naik akibat lebaran.

Baca Juga:
Bayar Utang Puasa atau Puasa Sunnah Syawal, Mana yang Lebih Dulu? Begini Penjelasan Buya Yahya

1. Puasa Syawal

Salah satu cara untuk mengantisipasi kegemukan setelah lebaran adalah dengan melaksanakan puasa sunnah Syawal selama enam hari. Selain menyehatkan, puasa sunnah Syawal juga memang sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad dan bisa jadi cara untuk membayar ‘utang’ puasa Ramadhan.

Setelah puasa Syawal selesai, bisa dilanjutkan dengan puasa sunnah lainnya berupa Senin dan Kamis. Menurut dokter Nurul, puasa menjadi cara membuat tubuh terbiasa dengan pola makan teratur dan tidak berlebihan.

2. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Gizi seimbang yang dimaksud harus ada asuoan nutrisi makro nutrien, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Juga mikro nutrien, berupa vitamin dan mineral. Pilih karbohidrat dari simber sehat dan tinggi serat, misalnya kurma untuk buka puasa sunnah maupun camilan. Juga protein yang bisa didapat dari tempe, telur, dan ayam.

Baca :  Obati Disfungsi Ereksi, Begini Cara Kerja Viagra yang Mampu Bikin 'Tegang' Dalam Setengah Jam

Baca Juga:
CEK FAKTA: Raja Salman Mangkat Saat Bulan Puasa Kemarin?

3. Makan Sesuai Kaidah Isi Piringku

Kaidah Isi Piringku merupakan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Di mana satu piring setiap kali makan harus berisi 50 persen buah dan sayur, 25 persen karbohidrat, dan 25 persen protein. Selain itu juga minum harus dicukupi sebanyak 7-8 gelas per hari.

4. Batasi Konsumsi Gorengan

Gorengan hanya mengandung karbohidrat dari tepung juga lemak jahat dari minyak. Jika per harj saja mengonsumsi 2-3 gorengan beserta nasi dan lauk pauk lainnya, menurut dokter Nurul, sudah bisa mengganggu metabolisme tubuh. Badan sudah merasa kenyang, padahal nutrisi belum terpenuhi.

Akibatnya, massa otot akan turun, lebih mudah sakit, dan loyo. Bagi sebagian orang, hal itu bisa makin menyebabkan penurunan berat badan makin sulit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.