Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Update Covid-19 Global: Kasus Demam di Korea Utara Bertambah 200 Ribu Setiap Hari

0

Cariberita.co.id – Update Covid-19 global hari ini menunjukan suasana mencekam di Korea Utara (Korut), di mana dalam satu hari bertambah 200 kasus demam baru, dan hal ini terjadi selama lima hari berturut-turut.

Hal ini turut menyumbangkan kasus infeksi baru dunia. Data Worldometers, Sabtu (21/5/2022), menunjukan tambahan 745 ribu kasus Covid-19.

Total infeksi di dunia mencapai 526 juta, dengan bertambah kematian baru 1.262 dari total 6,2 juta kematian. Sehingga total kasus aktif atau jumlah orang yang masih bisa menularkan Covid-19 mencapai 23,9 juta.

Mengutip Channel News Asia, gelombang pandemi Covid-19 di Korea Utara yang diumumkan sejak pekan lalu, memicu kekhawatiran banyak pihak, terlebih negara tertutup itu tidak punya alat tes dan vaksin Covid-19 yang cukup.

Baca Juga:
Update Covid-19: Kasus Positif Tambah 318 Kasus, 3.766 Orang Masih Dirawat

Infrastruktur medis tidak memadai, berpotensi sebabkan krisis pangan di negara dengan 25 juta penduduk itu. Apalagi negara yang dipimpin Kim Jong Un itu menolak bantuan dari pihak luar.

Hanya dalam satu hari, sebanyak 219.030 merasakan gejala demam pada Jumat (20/5/2022) malam. Sehingga total infeksi di negara itu mencapai 2,4 juta kasus hanya dalam waktu satu pekan.

Kantor berita pusat Korea Selatan, KCTV yang mengutip penyiar Korea Utara, menyebut 66 orang meninggal di Korea Utara karena wabah demam tersebut.

Para ahli menilai, tanpa kampanye vaksinasi dan alat tes Covid-19 terbatas, sangat sulit menilai skala gelombang pandemi Covid-19 di negara itu.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan penyebaran Covid-19 tidak terkendali, dapat menyebabkan munculnya varian baru yang lebih mematikan.

Baca Juga:
Update Covid-19 Global: Kasus Positif Baru Paling Banyak dari Korea Utara

Leave A Reply

Your email address will not be published.