Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dialami Zaskia Sungkar, Kenali Kondisi yang Mengharuskan Pengangkatan Saluran Tuba

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Peristiwa mengerikan dialami seorang perempuan yang bercerita lewat video viral di TikTok, dengan nama akun @afinasif atau Afina Syifa yang kulitnya ruam dan melepuh usai minum sejumlah obat.

Ruam yang dialami Afina terjadi setelah ia mengonsumsi obat panadol dan fluimucil. Banyak yang menduga jika ia mengalami alergi SJS atau sindrom stevens johnson, seperti yang juga diutarakan Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK.

“Kemungkinan besarnya SJS (sindrom stevens johnson),” ujar dr. Arini melalui pesan singkatnya kepada suara.com, Senin (28/2/2022).

Lantas pertanyaanya, apa sih SJS itu?

Baca Juga:
Viral di TikTok Gadis Didiagnosis Steven-Johnson Syndrome setelah Minum Obat, Kok Bisa?

Mengutip Hello Sehat, sindrom stevens johnson adalah kelainan langka dan serius pada kulit serta selaput lendir. Kondisi ini sering kali merupakan reaksi saat menggunakan obat atau mengalami infeksi.

Sindrom Stevens Johnson (TikTok)
Sindrom Stevens Johnson (TikTok)

Gejala paling umum SJS menyerupai gejala flu disertai ruam berwarna merah atau keunguan, yang terasa sakit yang menyebar dan melepuh.

Lapisan atas kulit yang melepuh itu kemudian akan akan mati dan mengelupas. Penyakit SJS adalah kondisi darurat medis yang biasanya memerlukan rawat inap.

Penyakit kulit satu ini bisa terjadi pada semua ras di dunia, meski umumnya terjadi pada orang berkulit putih. Uniknya, penyakit ini lebih sering terjadi pada perempuan daripada lelaki.

Ditambah lagi penyakit ini ternyata tidak hanya menyerang manusia, tapi juga bisa menyerang hewan seperti anjing, kucing dan kera.

Baca Juga:
Viral Ayah Salah Kumandangkan Adzan Jadi Takbir Pada Bayi Baru Lahir, Warganet: Mau Dikurban?

Tidak ada obat khusus yang bisa menangani penyakit ini, tapi bisa dikurangi dan diminimalisir dengan mengurangi faktor risiko atau pemicu penyakit ini.

Baca :  Hati-Hati Gula Tambahan pada Makanan dan Minuman, Bisa Memicu Penyakit Jantung!

Leave A Reply

Your email address will not be published.