Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  4 Makanan Agar Cepat Sembuh dari Omicron, Bisa Meringankan Gejala Covid-19 yang Muncul!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kepadatan volume kendaraan tidak hanya berdampak pada kemacetan di ruas jalan, melainkan juga akan bahaya kesehatan tubuh yang bahkan dapat mengancam nyawa.

Asap knalpot yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor mau pun mobil inilah yang memicu pencemaran udara sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat.

Berdasarkan data Air Quality Indeks (AQI), kualitas udara di Jakarta cukup buruk akan polusinya.

Asap knalot merupakan sisa pembakaran mesin yang mengandung gas dan partikel halus dan bisa membahayakan kesehatan yang mengandung berbagai zat kimia.

Baca Juga:
Timpuk dengan Batu Pemotor Berkenalpot Bising Hingga Tewas, 12 Pemuda Tasikmalaya Diamankan Polisi

Kabut polusi udara menyelimuti gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (15/6/2022). [Cariberita.co.id/Alfian Winanto]
Kabut polusi udara menyelimuti gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (15/6/2022). [Cariberita.co.id/Alfian Winanto]

Ketika asap knalpot ini keluar tentunya akan membaur di udara, tak dipungkiri orang-orang di sekitarnya akan menghirup udara tersebut. Tanpa disadari, udara yang sudah terkontaminasi tersebut akan masuk ke saluran pernapasan yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sebagaimana dilansir dari laman Hello Sehat pada Jumat (10/3/2023), berikut 5 risiko yang dapat mengancam nyawa akibat asap knalpot.

1. Kanker

Terdapat zat-zat berbahaya pada asap knalpot seperti arsenic, benzena, formaldehye, dan 1,3- butadiene yang bersifat karsinogenik yang berpotensi penyakit kanker karena adanya perubahan mutasi genetik.

Environmental Protection Agency, Amerika Serikat memperkirakan bahwa asap kendaraan berkaitan dengan kasus kanker hampir setengahnya.

Baca Juga:
Mario Dandy Satriyo Pernah Ditegur Warga Kampung di Jogja Akibat Ngebut dan Pakai Knalpot Brong

2. Penyakit Jantung

Partikel halus dan beracun yang terdapat pada asap knalpot dapat masuk ke paru-paru sehingga bisa mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Akibatnya, paparan asap knalpot ini dapat berisiko penyakit jantung dan kardiovaskular (pembuluh darah).

3. Otak dan Saraf

Baca :  5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Penelitian dari jurnal The Science of The Total Environment pada tahun 2016 menyebutkan, asap knalpot meningkatkan risiko penyakit otak dan saraf seperti stroke. Selain itu polusi udara dari asap knalpot juga dapat meningkatkan risiko demensia.

Pemicunya adalah asap knalpot memiliki kandungan zat berbahaya yang dapat merusak pembuluh darah serta mencegah otak untuk mendapatkan oksigen yang cukup.

Ilustrasi knalpot bersuhu panas. (Pixabay)
Ilustrasi asap knalpot. (Pixabay)

4. Gangguan Pernapasan

Dampak dari paparan asap knalpot yang utama adalah sistem pernapasan. Pasalnya, asap knalpot yang terhirup akan masuk ke dalam sistem pernapasan kemudian dialirkan ke seluruh tubuh.

Keracunan karbonmonoksida merupakan hal yang sangat mungkin terjadi dan berujung pada pneumonia akibat adanya penurunan kadar oksigen. Terdapat pula gangguan pernapasan lainnya akibat asap knalpot seperti asma, bronkitis, dan emfisema.

5. Kualitas Sperma Menurun

Pada sebuah penelitian dari Journal of Proteome Research tahun 2015 mengungkapkan, paparan asap knalpot dapat berdampak pada menurunnya kualitas sperma. Pemicunya karena pola ekspresi protein mengalami perubahan signifikan sebagai kunci dalam produksi sintesis hormone testosteron dan sperma. (Shilvia Restu Dwicahyani)

Leave A Reply

Your email address will not be published.