Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  11 Makanan Khas Sunda Lengkap dengan resepnya yang enak dan mudah

37+ Mockup Psd File Background

0

Apabila ingin minuman yang lebih sehat, teh boba bisa dibuat sendiri di rumah.

Cariberita.co.id, JAKARTA — Saat membeli teh boba alias bubble tea di gerai minuman populer, mungkin Anda ragu dengan bahan-bahan yang digunakan. Apabila ingin minuman yang lebih sehat, teh boba bisa dibuat sendiri di rumah, tentunya dengan bahan yang terjamin.


Minuman asal Taiwan dengan bola-bola tapioka itu memang menggugah selera. Jika sudah memahami resep dasarnya, seseorang bisa dengan mudah membuat berbagai varian teh boba yang berbeda. Resep yang akan dibahas berikut pun hanya butuh lima langkah.


Hasil akhir resep kira-kira cukup untuk membuat empat gelas teh boba untuk masing-masing rasa dasar teh melati dan matcha. Bahan membuat bola-bola tapioka antara lain 150 gram tapioka mutiara putih dan 1,5 liter air. Ada pula bahan yang perlu disiapkan untuk sirup gula.


Siapkan 200 gram gula kastor, 200 mililiter air, dua tetes ekstrak pandan, dan sirup grenadine. Sementara, untuk membuat tehnya, butuh dua liter air mendidih, empat kantong teh melati, empat sendok makan bubuk matcha, semangkuk es batu, dan satu wadah kecil susu almond.

Berikut cara membuat teh boba:

1. Rebus mutiara tapioka


Masukkan satu liter air untuk tapioka ke dalam panci dan didihkan. Masukkan mutiara tapioka dan aduk rata. Didihkan perlahan selama 50-60 menit, aduk sesekali, sampai hanya sedikit dari setiap mutiara yang masih bening.


2. Buat sirop


Didihkan 200 gram gula dan 200 mililiter air di panci lain untuk membuat sirop. Bagi menjadi dua mangkuk berbeda setelah gula larut, lalu campur sirup grenadine di salah satu mangkuk dan ekstrak pandan di mangkuk yang lain. Dinginkan keduanya.

Baca :  Ini Alasan Menu Boba Emas Xing Fu Tang Dihentikan di Indonesia


3. Tambahkan bola-bola tapioka ke sirop


Uji dulu boba yang sudah dingin dengan mengunyahnya. Seharusnya, tidak ada bagian tengah yang kering atau keras. Tiriskan ke dalam saringan dan alirkan air dingin. Pisahkan boba untuk dua jenis sirup.


4. Membuat teh


Tempatkan bubuk matcha ke dalam satu mangkuk dan teh celup melati ke dalam yang lain. Rebus dua liter air dan tuangkan setenga bagian ke dalam masing-masing mangkuk teh, biarkan hingga terendam dan dingin.


5. Tuang dan sajikan


Untuk teh matcha: tuangkan sekitar 200 mililiter teh matcha hijau ke gelas saji berisi es batu, tambahkan tiga sendok makan bola-bola tapioka pandan, lalu akhiri dengan sedikit susu almond dan aduk sebelum disajikan.


Untuk teh melati, tuangkan 200 mililiter teh melati ke gelas saji berisi es batu, tambahkan tiga sendok makan boba grenadine, dan susu almond, dan aduk sebelum disajikan. Instruksi wajib terakhir adalah menikmati minuman segar yang sudah dibuat, dikutip dari laman Metro, Kamis (9/2/2023).


 

Leave A Reply

Your email address will not be published.