Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Mangut Unagi | KASKUS

37+ Mockup Psd File Background

0

Bu…Ibu… pastinya sudah menyiapkan aneka bumbu untuk mengolah daging kurban, bukan? Ada banyak masakan khas Nusantara melezatkan yang bisa jadi ide olahan daging Kurban nih, Bu! Salah satunya adalah Dendeng Balado!

Dendeng Balado merupakan makanan khas Sumatera Barat. Mengutip dari laman Wikipedia, kudapan yang dibuat dari daging sapi ini awalnya direbus terlebih dahulu, kemudian dijemur hingga kering, akan digoreng hingga garing untuk menghasilkan tekstur renyah. Proses pengeringan ini bertujuan untuk memperpanjang masa simpan daging dengan mengurangi kadar airnya, metode yang dikenal sebagai pengawetan.
 
Sambal dendeng balado dibuat dengan bahan-bahan utama seperti cabai merah, bawang merah, dan garam. Setelah daging dendeng dikeringkan, biasanya daging tersebut akan dipukul-pukul hingga pipih. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa bumbu dapat meresap dengan baik ke dalam daging, sehingga setiap gigitan memberikan rasa yang kaya dan merata. 

Dalam konteks masakan tradisional Indonesia, dendeng balado tidak hanya dihargai karena rasa pedas dan gurihnya, tetapi juga karena teknik pengawetannya yang memungkinkan daging disimpan lebih lama tanpa kehilangan cita rasanya .

Yuk intip resep Dendeng Sapi berikut yang bisa kamu olah di rumah, seperti dikutip dari laman Tribunnews.com.

Bahan-bahan:
1 kg daging sapi, iris tipis
1 sdt garam
Minyak goreng secukupnya
Bahan balado
150 ml saus sambal
20 siung bawang merah, tumbuk kasar
2 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt penyedap rasa

Cara membuat:
1. Campurkan irisan daging dengan garam dan aduk hingga merata.

2. Susun irisan daging dalam loyang dan panggang dalam oven hingga kering.

3. Goreng irisan daging dalam minyak goreng hingga matang dan renyah, kemudian angkat dan tiriskan.

Baca :  Mangut Unagi | KASKUS

4. Tumis bawang merah hingga layu, lalu tambahkan saus sambal, penyedap rasa, dan air jeruk nipis, kemudian aduk hingga merata.

5. Setelah bumbu matang, masukkan daging yang sudah digoreng, aduk rata, dan sajikan dendeng balado yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga.

Happy recook!

Leave A Reply

Your email address will not be published.