Jangan Beli Menu Spesial di Restoran Jika Ada Tanda-Tanda Ini Menurut Chef

Menu spesial restoran dapat dibuat dari stok bahan-bahan lama yang tidak habis.

Cariberita.co.id, JAKARTA — Mengapa restoran kerap menghadirkan hidangan spesial? Apakah itu benar-benar sesuatu yang spesial atau hanya untuk memanfaatkan bahan-bahan yang mungkin tidak terlalu segar? Lantas apa saja tanda bahwa hidangan spesial itu, tidak terlalu spesial?


Untuk menjawab hal itu, berikut adalah tujuh peringatan Anda harus melewatkan menu spesial di restoran menurut para chef seperti dilansir Eat This Not That, Selasa (17/1/2023):


1. Sudah memiliki banyak menu


Jika Anda perhatikan, restoran yang sudah memiliki daftar panjang hidangan juga menawarkan hidangan spesial, Anda mungkin harus hati-hati. Chef di New York, Hemant Bhagwani mengatakan, restoran yang memiliki banyak menu cenderung menyimpan bahan baku dalam jumlah yang juga besar. Pasalnya mereka tidak bisa memprediksi secara akurat berapa banyak yang mungkin dibutuhkan dalam periode waktu tertentu.

 


Karena itu, makanan spesial dapat dibuat dari stok bahan-bahan lama yang tidak habis. “Menu yang terlalu banyak dengan hidangan yang berbeda menunjukkan bahwa dapur memiliki persediaan berlebih yang menyebabkan bahan basi,” kata Bhagwani.


2. Staf menawarkannya secara berlebihan


Bhagwani juga menunjukkan tanda bahaya mungkin terjadi ketika staf restoran berusaha terlalu keras untuk menawarkan menu spesial pada konsumen. Jika pelayan melakukan ini, kemungkinan besar bahan-bahan yang digunakan untuk menu spesial itu akan segera basi dan mereka ingin segera mengeluarkannya dari dapur.


3. Harganya lebih murah dari item menu reguler


Tanda lain untuk menghindari menu spesial adalah ketika harganya lebih murah dari harga menu reguler. Restoran terkadang akan melakukan ini dengan harapan lebih banyak orang akan tertarik untuk memesan menu spesial, sehingga memungkinkan mereka untuk membuang sisa atau bahan yang lebih lama lebih cepat.


“Ketika harga menu spesial hari ini lebih murah, Anda perlu mengenali ini sebagai tanda bahaya,” kata Bhagwani.


4. Ditawarkan sebagai makan siang spesial


Jika sebuah restoran yang biasanya buka untuk makan siang atau makan malam menawarkan menu makan siang spesial, maka itu mungkin pertanda lain bahwa mereka mencoba memanfaatkan bahan-bahan yang kurang segar.


“Saya telah diberitahu oleh banyak chef di restoran bahwa menu spesial makan siang biasanya adalah makanan awal minggu atau minggu lalu,” tulis seorang pengguna Reddit.


“Restoran mencoba menyingkirkannya sebelum berubah menjadi basi, dan cara mudah untuk melakukannya adalah melalui makan siang karena tidak banyak orang yang keluar untuk makan siang. Jadi saat Anda melihat ini, Anda mungkin akan tertarik untuk masuk dan memesannya demi menghemat uang,” kata pengguna tersebut.


5. Tampak seperti menu eksperimen


Jika Anda melihat hidangan spesial adalah hidangan yang tampaknya tidak biasa untuk restoran, Anda mungkin harus berpikir ulang untuk memesannya. Pasalnya, terkadang hidangan spesial harian sebenarnya adalah bagian dari eksperimen sang koki, yang mungkin berarti bahwa hidangan tersebut mungkin belum sesuai dengan standar.


“Sejujurnya saya menghindari hidangan spesial karena sering kali hidangan spesial adalah hidangan uji coba. Jadi ada kemungkinan rasanya tidak enak,” kata Nahid Ahmed, chef dan pendiri Luthun di New York City.


6. Ditawarkan pada Selasa, Rabu, atau Kamis


Chef Dennis Little, seorang koki profesional selama lebih dari 40 tahun dan blogger di Ask Chef Dennis, merekomendasikan untuk memperhatikan hari spesial mana yang ditawarkan untuk mengetahui seberapa segar bahan-bahannya.


“Ketika saya membuat menu spesial, sebagian besar bahannya dibeli secara khusus. Dan pembelian makanan tersebut umumnya dilakukan tepat sebelum akhir pekan, yang umumnya merupakan waktu tersibuk restoran,” ujar Little.


Karena itu, Little menyarankan waktu terbaik untuk membeli hidangan spesial adalah Jumat dan Sabtu, karena itu adalah waktu di mana produk yang digunakan berada dalam kondisi paling segar. Dia juga menyarankan untuk menghindari sebagian besar hidangan laut pada Selasa hingga Kamis, kecuali jika restoran selalu sibuk, karena hidangan laut mungkin tidak sesegar pada hari-hari ini.


7. Tampak terbuat dari bahan-bahan yang murah


Salah satu pengguna Reddit yang bekerja di sebuah restoran menjelaskan, terkadang restoran akan membuat menu spesial dari bahan-bahan murah. Itu dilabeli sebagai menu spesial karena biasanya bisa menarik lebih banyak pengunjung, yang pada gilirannya membuat restoran menghasilkan lebih banyak uang.


“Kami memang memiliki beberapa hidangan berbiaya rendah yang masuk ke dalam menu spesial,” kata pengguna Reddit tersebut.


 


 


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *