Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Jangan Sampai Keracunan, Ketahui Cara Tepat Tangani, Masak, dan Simpan Makanan

0

Kesalahan sederhana dalam menangani, memasak, menyimpan makanan bisa picu keracunan.

Cariberita.co.id, JAKARTA — Profesor emertitus ilmu pangan di Cornell University, Robert Gravani PhD menyebut orang sering kali membuat kesalahan sederhana saat menangani, memasak, dan menyimpan makanan. Hal ini dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Berikut beberapa kesalahan terkait keamanan pangan yang paling umum dan berisiko, menurut Gravani.

1. Tidak mencuci tangan sebelum makan atau memasak

Mencuci tangan sebelum makan atau memasak, menurut Gravani, adalah aturan nomor satu. Tapi banyak orang lupa mencuci tangan hingga membawa segala jenis kuman yang bisa mencemari makanan.

2. Mencuci unggas mentah sebelum memasaknya

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebagian besar unggas mentah mengandung bakteri seperti salmonella, campylobacter, hingga clostridium perfringens. Saat Anda mencuci unggas mentah (atau daging mentah apa pun), air dapat menyebarkan bakteri ke wastafel, keran, meja dapur, perkakas, dan permukaan lain hingga kemudian dengan mudah mencemari makanan lain.

3. Lupa mencuci

Ketika membersihkan buah dan sayuran segar, jangan lupa mencucinya dengan air dan mengeringkannya dengan handuk kertas. Sebelum Anda mengupas buah, pastikan untuk mencucinya dengan air bersih yang mengalir. Jangan gunakan sabun atau detergen apapun.


“Sisa sabun yang tertinggal pada produk dapat membuat orang sakit,” kata Gravani.

4. Menggunakan peralatan yang sama dari awal hingga akhir saat memasak daging mentah

Banyak orang membuat kesalahan dengan menggunakan alat yang sama yang menyentuh daging mentah untuk menangani daging yang sama setelah matang. Misalnya, saat membuat bolognese, Anda memecah daging giling mentah dengan sendok yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengaduk atau menyajikan saus yang sudah dimasak.

Gravani menyebut sudah waktunya untuk menghentikan kebiasaan ini. Bakteri penyebab penyakit dari daging mentah dan makanan laut dapat mencemari makanan yang sama setelah dimasak.


“Gunakan peralatan baru atau cuci bersih setelah menyentuh daging mentah atau makanan laut,” kata Gravani.

5. Menggunakan bumbu sambil menangani daging mentah

Saat menyiapkan makanan mentah atau daging, sering kali orang meraih wadah bumbu lalu mengambil isinya dengan tangan untuk dipercikkan ke masakan. Gravani mengingatkan wadah bumbu itu bisa terkontaminasi silang dari daging mentah yang baru saja Anda sentuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.