Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ngewedank

37+ Mockup Psd File Background

0

Daging bagian perut umumnya jarang digunakan untuk steak karena tidak empuk.

Cariberita.co.id, JAKARTA — Tenderloin dan sirloin merupakan bagian daging yang populer dijadikan bahan baku steak karena teksturnya yang sangat lembut, empuk dan juicy. Namun ternyata, bagian flank atau samcan juga enak dijadikan steak.


Chef Chandra Yudasswara menjelaskan bahwa bagian flank merupakan daging sapi yang terdapat di area perut bagian bawah, teksturnya kurang lunak karena mengandung banyak otot. Flank biasanya dipakai untuk membuat sup atau semur yang membutuhkan daging berlemak yang dimasak dalam waktu cukup lama.


Meski kurang populer jadi bahan baku steak, namun menurut Chef Chandra, bagian daging flank sebetulnya enak dijadikan steak. “Cara bikinnya juga very simple kalau flank,” kata Chef Chandra saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.


Untuk seasoningnya, flank steak cukup menggunakan salt pepper, chili powder, paprika powder dan black pepper. Kemudian untuk cara memasaknya, terlebih dahulu flank di grill di teflon atau van selama dua menit setiap sisi. Kemudian masukkan flank steak ke dalam oven selama empat menit dengan suhu 200 derajat selcius. 


“Hasilnya pasti juicy dan enak deh, dijamin. Karena ketebalan dari di flank itu sama, jadi nggak perlu pusing, nggak mungkin meleset,” jelas Chef Chandra.


Sebagai pelengkap steak flank, Chandra juga merekomendasikan beberapa komponen khas ala Indonesia seperti singkong, ubi atau labu. Dengan begitu, citarasa steaknya akan lebih akrab di lidah lokal.

Baca :  TERLARIS! WA.0819 4008 999, Frozen Food Bakso Sapi di Cilincing Jakarta Utara
Leave A Reply

Your email address will not be published.