Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Malas Shalat Dhuha? Jadikan 5 Hal Ini sebagai Sumber Semangat

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Manfaat istighfar jika diamalkan rutin setiap hari ternyata sangat baik. Istighfar atau Astaghfirullah merupakan kalimat istimewa dalam ajaran agama Islam.

Membaca istighfar secara harfiah dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab berupa kalimat ‘astaghfirullah’, yang artinya “Saya memohon ampunan kepada Allah”.

Dikutip dari berbagai sumber Beristighfar dalam filosofi Islam, bermakna sebagai seseorang yang selalu memohon ampunan atas kesalahan dan terus berusaha untuk menaati perintah Tuhan dan tidak melanggarnya.

Manusia merupakan makhluk yang tak pernah luput dari salah dan dosa. Dengan rutin membaca istighfar untuk memohon ampunan, maka Allah juga senantiasa akan memberikan balasan. Berikut manfaat membaca istighfar dilansir dari berbagai sumber

  1. Menghapus Dosa

Membaca istighfar ini biasanya memang dilakukan oleh umat Islam untuk memohon ampun kepada Allah. Dengan rutin membaca Istighfar maka juga akan menghapus dosa-dosa. Seperti firman Allah SWT:

Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al Anfal:33)

  1. Mengabulkan Doa

keistimewaan membaca istighfar selanjutnya ialah dikabulkannya doa-doa. Allah SWT berfirman:

Shaleh berkata : ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari tanah dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat rahmat-Nya, dan maha mengabulkan doa-doa hamba-Nya. (Hud: 61)



  1. Membuka Pintu Rezeki

Manfaat istighfar tidak hanya akan diberi ampunan atas dosa-dosa. Namun, juga bisa membukakan pintu rezeki bagi si pembacanya. Hal itu dijelaskan Allah SWT dalam firmannya di Surat Nuh ayat 10-12.

“Maka Aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha-Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan lebat, dan membanyakkan harta, anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, serta mengadakan untukmu sungai-sungai.” (QS Nuh : 10-12).

  1. Dimudahkan Segala Urusan

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa manfaat istighfar dapat memberikan jalan keluar dari setiap kesedihan. Tidak hanya itu, manfaat istighfar juga dapat melapangkan setiap kesempitan yang dialami seorang muslim.

Baca :  Mengapa Ashabul Kahfi Hanya di Alquran Bukan Injil-Taurat?

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Leave A Reply

Your email address will not be published.