Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Bali United fokus perbaiki tim hadapi Bhayangkara FC

37+ Mockup Psd File Background

0

Jakarta (ANTARA) –

Setelah empat hari menjalani pemusatan latihan (TC) untuk Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) U-16, sebanyak 36 pemain tim nasional Indonesia U-16 masih fokus berlatih untuk penguatan ketahanan fisik di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta.

 

Asisten Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Haryanto Prasetyo Adi Utomo, mengatakan para pemain berlatih di tempat itu sejak 19 April lalu, guna menguji ketahanan fisik masing-masing sesuai arahan dari Kepala Pelatih Nova Arianto.

 

“Kami pilih disini, karena ingin melihat physical endurance (ketahanan fisik) pemain yang akan langsung ditangani oleh pelatih fisik,” kata Haryanto dalam keterangan di laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

 

Ia membeberkan, Garuda Muda sudah menjalani sejumlah menu latihan selama empat hari, di antaranya dua kali cross country, aerobik, dan latihan teknik.

 

Selama waktu tersebut, lanjut dia, pemain mengikuti instruksi pelatih fisik, sehingga komposisinya sebanyak 60 persen untuk tes fisik dan sisanya belajar teknik.

 

 

Seorang pemain timnas U-16, Ida Bagus Putu Cahya Permana, mengaku kelelahan untuk mengikuti latihan itu.

 

Namun, dia masih semangat dan bertekad ingin mendapatkan kepercayaan oleh Nova Arianto yang saat ini masih fokus membantu pelatih timnas U-23, Shin Tae-yong yang sedang berjuang di AFC U-23 Asian Cup.

 

“Saya rasa tentunya pasti capek banget, tapi ya memang sudah kewajiban seperti itu, kami harus menjalaninya dan harus seratus persen,” kata dia.

 

Ia juga menyatakan, masih ingin terus bertahan dan bersaing dengan pemain lainnya, sehingga akan lebih disiplin untuk mengatur jadwal istirahat pribadi.

 

“Sebelumnya saya sempat pegal-pegal. Tapi saya masih bisa menjalani latihannya. Tadi latihan fisik, targetnya lari empat putaran dalam waktu empat menit,” ujar dia.

Baca :  Persik ditahan imbang PSS Sleman 4-4

TC di Yogyakarta tersebut direncanakan berakhir 6 Mei mendatang.

 

Tim itu disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-16, pada 16-29 Juni 2024. Dalam pelaksanaan tahun ini, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

 

Sampai saat ini, kota tempat penyelenggaraan belum ditentukan oleh AFF dan PSSI. Namun, kota yang digadang-gadang menjadi tempat penyelenggaraan adalah Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

 

Skuad asuhan Nova Arianto mengikuti Piala AFF U-16 sebagai juara bertahan, karena menjadi pemenang pada edisi 2022, dengan menundukkan Vietnam dalam laga puncak.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Leave A Reply

Your email address will not be published.