Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Bima S Dalam Episode Aurora

37+ Mockup Psd File Background

0

JAKARTA – Mengapa musik dangdut identik dengan goyangan? Pertanyaan ini mungkin sering dipertanyakan mengingat keduanya menjadi dua hal yang tak terpisahkan satu sama lain. 



Mengutip Esplanade, Jumat (14/7/2023), musik dangdut identik dengan goyangan karena memiliki ritme yang mengajak pendengar untuk bergerak. Tempo yang cepat serta penggunaan instrumen seperti gendang dan seruling membuat ingin bergoyang.

Karakteristik irama sederhana yang dihasilkan gendang dan seruling menjadi alasan banyak orang ikut bergoyang ketika mendengarkan musik dangdut. Rhoma Irama menjelaskan ciri-ciri tersebut dalam lagu Terajana yang dirilisnya pada 2005. 

Sulingnya suling bambu.Gendangnya kulit lembu. Dangdut suara gendang rasa ingin berdendang. Pinggul bergoyang-goyang rasa ingin berdendang,” demikian penggalan liriknya. 

Namun kini, musik dangdut banyak menggunakan instrumen modern, seperti gitar, keyboard, dan bass. Meski demikian, gendang dan seruling tepat menjadi instrumen yang menjadi ciri khas musik dangdut. 

Mengapa musik dangdut identik dengan goyangan? (Foto: Ayu Ting Ting/MNCTV)

Mengapa musik dangdut identik dengan goyangan? (Foto: Ayu Ting Ting/MNCTV)

Selain itu, alasan musik dangdut identik dengan goyangan juga tidak lepas dari sejarahnya, pada era ’70-an. Genre ini mendapat pengaruh dari musik India dan lekat dengan rakyat dalam berbagai acara hiburan. 

Baca :  Atta Halilintar Ingin Bangun Pesantren, Ini Saran Gus Miftah


Follow Berita Okezone di Google News


Ketika panggung hiburan menampilkan para biduan dangdut, maka para penonton akan mulai bergoyang. Dari sinilah, para pedangdut mulai melahirkan goyangan-goyangan yang menjadi ciri khas mereka di atas panggung.

 Mengapa musik dangdut identik dengan goyangan? (Foto: Iis Dahlia/MNCTV)

Mengapa musik dangdut identik dengan goyangan? (Foto: Iis Dahlia/MNCTV)

Sebut saja Inul Daratista yang kesohor dengan Goyang Ngebor, Dewi Perssik dengan Goyang Gergaji, Annisa Bahar pemilik Goyang Patah-Patah, hingga Zaskia Gotik si pencetus Goyang Itik.*


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Cariberita.co.id tidak terlibat dalam materi konten ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.