Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  TERINDAH, Call 0852-1652-3720, Harga Kue Lebaran D Winata

37+ Mockup Psd File Background

0
Masakan Indonesia terkenal dengan rasanya yang kaya. Salah satu faktor penyebabnya karena masakan Indonesia dibuat dengan rempah-rempah yang kaya dan berlimpah.
 
Bentuk bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Indonesia juga cukup sangat beragam. Ada yang berbentuk biji, daun, batang, ada juga yang berbentuk akar. 

Berikut macam-macam rempah Indonesia yang dapat menyedapkan masakan. Cari tahu supaya tidak keliru mengolahnya.

Macam-Macam Bumbu Rempah Alami

1. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah Indonesia yang biasa digunakan untuk memasak. Sebelum jahe diolah, umumnya dicincang, dihaluskan, atau bahkan dimemarkan terlebih dulu. 

Ada dua macam jenis jahe yang populer di Inonesia, yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe merah rasanya cendenrung lebih pedas dan aromanya sedikit lebih kuat. 

Kedua bahan tersebut dapat digunakan untuk menyedapkan suatu masakan dan menghilangkan bau amis pada olahan ikan, ayam, maupun daging. Terkadang jahe ini juga bisa dijadikan bahan untuk membuat minuman hangat, contohnya seperti wedang jahe atau susu jahe. 

2. Lengkuas atau laos

 Lengkuas atau sering disebut dengan laos biasnya digunakan untuk memasak rebusan, sup, dan juga ayam goreng. Dengan menambahkan lengkuas atau laos, masakan akan menjadi lebih nikmat dan kaya rasa.  

Sebelum digunakan sebaiknya lengkuas diiris atau dimemarkan terlebih dulu. Pilihlah lengkuas yang sedikit empuk dan warnanya merah muda, sebab ciri-ciri tersebut menanadakan bahwa lengkuas tesebut bagus kualitasnya. 

3. Kunyit atau kunir

Kunyit merupakan salah satu pewarna alami yang biasa digunakan untuk mewarnai makanan contohnya nasi kuning, kari, opor, maupun gulai. 

Perlu diingat bahwasannya kunyit dapat membuat masakan sedikit terasa pedas dan pahit, sehingga penggunaannya perlu diperhatikan betul agar tidak merusak masakan kamu manti.

Baca :  BOF Bali Ocean Feast Seafood Benoa

4. Kencur 

Kencur merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan untuk memasak seblak. Tidak hanya seblak saja, kencur juga bisa dimanfaatkan untuk menyedapkan masakan contohnya urap, sambal pecel, serta aneka peyek. 

Sekilas bentuk kencuru ini mirip dengan jahe putih, tetapi keduanya memiliki perbedaan aroma. Kencur lebih segar dan dagingnya berwarna putih kekuningan dibandingkan dengan jahe.
 
5. Pala

 Pala atau lainnya ground nutmeg biasanya diolah menjadi manisan makanan. Namun selain itu, rempah satu yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku ini juga bisa diguniakan untuk menyedapkan masakan.

Made Astaman dalam bukunya yang berjudul “Sehat Dengan Rempah Dan Bumbu Dapur” menyebut bahwa pala bisa membantu proses metabolisme tubuh bekerja lebih baik.  

Gunakan biji pala dengan cara diiris atau diparut bijinya. Baiknya jangan menggunakan pala terlalu banyak pada masakan karena aromanya yang cukup kuat.

6. Andaliman

 Andaliman biasa digunakan untuk membumbi masakan khas Batak. Rempah yang satu ini memiliki rasa yang cukup pedas layaknya seperti merica. perbedannya andaliman mengeluarkan aroma yang khas, mirip jeruk tapi lebih lembut dan ‘mengigit’.
 
7. Temu kunci

Jika dilihat dari penampilannya, temu kunci hampir mirip dengan kencur, tetapi keduanya sebetulnya merupakan rempah yang berbeda.  

Bentuk temu kunci lebih mirip jari telunjuk dengan warna coklat dan kulit tipis. Pada umumnya, temu kunci digunakan untuk memasak sayur bening, olahan ikan, dan juga urapan.
 
8. Kemiri 

Kemiri merupakan salah satu rempah biji yang harus ada di dapur rumahmu. Rempah ini dapat digunakan untuk menyedapkan dan mengentalkan hidangan berkuah, seperti lodeh dan kari. 

Sebaiknya kemiri disangrai terlebih dulu sebelum digunakan untuk memasak karena di dalamnya terdapat kandungan racun yang dapat menyebabkan mual dan muntah. 

Baca :  Kembung Bakar | KASKUS

9. Ketumbar
 
Masih dalam keluarga rempah biji-bijian, ada juga ketumbar yang bentuknya sekilas mirip sekali dengan merica. Hanya saja ukuran ketumbar agak lebih kecil dan kasar kulitnya dibandingkan dengan merica.  Ketumbar biasa digunakan untuk membumbui gorengan dan ungkepan. 

Dengan menggunakan ketumbar, masakan akan terasa lebih gurih dan harum aromanya.  Selain dimanfaatkan bijinya, daun ketumbar juga dapat digunakan untuk menyedapkan masakan dan menambah aromanya.
 
10. Merica atau lada 

Merica memiliki rasa yang sedikit pedas, pahit, dan hangat. Biasanya biji rempah yang ini digunakan untuk membumbui sayur sup atau berbagai macam tumisan lainnya.  Ada dua jenis lada yang umum digunakan, yaitu ada lada putih dan lada hitam. Gunakan lada secukupnya supaya masakan kamu tidak terlalu pedas rasanya.
 
Diatas merupakan beberapa macam dari bunbu rempah alami yang ada di indonesia, bahan bumbu diatas bisa menjadi bumbu untuk pembuatan mie ayam medan, bahan-bahan rempah tersebut biasa kita gunakan untuk sehari hari memasak, dan masih banyak lagi macam-macam rempah yang ada di Indonesia.

Negara kita kaya akan bahan rempah alami dan pesona alamnya yang ini maka kita sebagai warga negara yang baik kita harus bersama sama menjaga kelestarian dan bangga terhadap negara kita ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.