Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Studi: Tiga Dosis CoronaVac Dapat Melindungi dari Varian Omicron

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban membantah anggapan bahwa terinfeksi varian Omicron bisa membuat seseorang kebal Covid-19 selamanya.

Prof. Zubairi mengatakan, saat seseorang terinfeksi varian Omicron, orang tersebut tetap bisa terinfeksi ulang Covid-19 varian lainnya.

“Tidak benar. Beberapa orang yang terinfeksi Delta ketika sembuh juga bisa kena lagi,” ujar Prof. Zubairi melalui cuitannya di Twitter, seperti dikutip suara.com, Sabtu (26/2/2022).

Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu menambahkan bahwa Omicron punya kemampuan lebih mudah menembus kekebalan tubuh. Ini karena risiko penularannya 300 kali lipat dibanding varian sebelumnya.

Baca Juga:
Hadapi Lonjakan Varian Omicron, Perusahaan Farmasi Pastikan Stok Obat Covid-19 Saat Ini Aman

“Bagaimana dengan Omicron? Lebih lagi. Omicron itu lebih mudah menembus barrier (lapisan) antibodi. Artinya, barrier yang menjadi proteksi kita setelah terinfeksi, tidak mempan kalau Omicron mau masuk,” paparnya.

Hal ini juga terbukti dengan banyaknya orang yang sudah divaksinasi Covid-19 lengkap, bahkan sudah divaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga, tetap terinfeksi varian Omicron.

“Meskipun sudah divaksin sekali, dua kali, atau tiga kali, tetap bisa ditembus oleh Omicron. Bedanya ya di gejala dan kemungkinan rawat inap. Jadi, harus tetap hati-hati dan tetap pakai masker,” tutup Prof. Zubairi.

Di sisi lain, kasus infeksi Covid-19 Indonesia terus mengalami kenaikan. Per 25 Februari 2022 tercatat ada 49 ribu kasus baru, dengan 244 dalam sehari meninggal dunia.

Namun angka kesembuhan Covid-19 harian tembus rekor 61 ribu orang dalam sehari. Kini masih ada 573,9 ribu kasus aktif, atau orang yang masih bisa menularkan virus ke orang lain.

Baca :  Investasi Kematian Dokter Mawar di Nabire, PB IDI Koordinasi dengan IDI Papua

Baca Juga:
Rekomendasi CDC: Ini Perawatan dan Cara Untuk Bisa Lawan Omicron

Leave A Reply

Your email address will not be published.