Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dokter Peringatkan untuk Mengurangi Asupan Natrium Demi Menjaga Kesehatan Ginjal

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Penyakit ginjal menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, penyakit satu ini jika tidak mendapat pengobatan dengan baik dapat berdampak pada kematian. Apalagi, penyakit ginjal termasuk ke dalam silent killer di mana gejalanya terkadang tidak banyak disadari orang-orang.

Hal ini juga yang terkadang membuat penyakit ginjal masih sangat awam di masyarakat. Banyak mitos-mitos yang beredar di masyarakat mengenai berbagai hal dan dikaitkan dengan penyakit ginjal. Padahal, semua itu belum tentu benar adanya.

Untuk itu, penting mengetahui kebenaran dari berbagai ucapan yang beredar di masyarakat. Berikut fakta-fakta mengenai mitos tentang penyakit ginjal yang beredar di masyarakat, berdasarkan pernyataan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Maria Aulia Sandjaja, Sp.PD.

ilustrasi ginjal (freepik.com)
ilustrasi ginjal (freepik.com)

1. “Banyak minum air menghindari penyakit ginjal”

Faktanya: Minum air memang benar membantu menghindari penyakit ginjal. Namun, selain air putih, diperlukan gaya hidup sehat lainnya seperti konsumsi makanan sehat, batasi konsumsi garam, menjaga indeks massa tubuh antara 20-25, olahraga 30 menit per hari, 5 kali dalam seminggu.

2. “Jika saya sakit pinggang berarti saya mengalami gangguan pada ginjal saya”

Faktanya: Sakit pinggang bukan selalu berarti mengalami masalah pada ginjal. Nyeri pada pinggang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti: nyeri otot, saraf terjepit, adanya batu di saluran kencing (termasuk batu di organ ginjal). Oleh sebab itu, sakit pinggang belum pasti selalu berkaitan dengan penyakit ginjal. Hal ini tetap harus mendapat pemeriksaan dari dokter.

3. “Saya tidak memiliki masalah pada kencing saya, berarti ginjal saya masih berfungsi dengan baik dan tidak perlu memeriksakan diri”

Faktanya: Penyakit ginjal bisa tidak memiliki gejala yang jelas. Sementara penyebab penyakit ginjal ini bisa dengan berbagai hal seperti kencing manis, tekanan darah tinggi, peradangan ginjal kronik, penyakit jantung, penyakit autoimun, obat-obatan yang merusak ginjal, dan sumbatan di saluran kencing.

Baca :  Jangan Skip Makan Malam sebelum Tidur karena Takut Gemuk, Ini Manfaat yang akan Didapat

Baik ginjal yang sehat ataupun kurang baik, setiap orang harus untuk melakukan pemeriksaan rutin. Hal itu akan mendapat gambaran jelas terkait fungsi ginjalnya.

Cara Memperbaiki Fungsi Ginjal (shutterstock)
Penyakit Ginjal (shutterstock)

4. “Saya minum obat nyeri secara rutin untuk penyakit rematik saya. Obat itu hanya berpengaruh pada lambung saya saja”

Faktanya: Obat anti nyeri dapat menurunkan suplai darah ke ginjal. Hal ini sebabkan penurunan fungsi ginjal. Namun, setiap orang memiliki kondisi berbeda-beda, tergantung penyakitnya masing-masing. Untuk itu, penting lakukan konsultasi terkait konsumsi obat nyeri dalam jangka waktu panjang.

5. “Merokok tidak memberikan dampak untuk ginjal saya, hanya memberikan dampak pada paru-paru”

Faktanya: Rokok dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini membuat aliran darah ginjal alami penurunan. Rokok juga merusak pembuluh darah ginjal. Oleh sebab itu, rokok memberikan dampak buruk pada ginjal. Tak hanya itu, rokok dapat menyebabkan penyakit jantung serta penyebab utama kematian pada pasien penyakit ginjal.

6. “Tekanan darah yang tinggi tidak berhubungan dengan fungsi ginjal saya”

Faktanya: Tekanan darah tinggi dapat mempercepat penurunan fungsi ginjal. Dengan penurunan fungsi ginjal, tekanan darah akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, tekanan darah berkaitan dengan ginjal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.