Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Indonesia Punya 17.000 Tanaman Obat, Kenapa Obat Herbal China Lebih Diminati?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kurnia Meiga belakangan ramai menjadi perbincangan karena mengalami kebutaan. Dikabarkan karena kiriman santet, belakangan diketahui Kurnia Meiga kehilangan penglihatan akibat kecanduan minuman keras (miras) oplosan.

“Penyebab sakitnya itu alkohol, dokter udah bilang, bukan disantet,” ungkap mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir di kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Minggu (10/3/2024).

Diungkap oleh sang mantan istri, mantan kiper terbaik Timnas itu punya kebiasaan minum alkohol sejak usia 18 tahun.

Seperti yang diketahui, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik, mental, dan hubungan sosial seseorang.

Efek buruknya akan berlipat ganda jika yang diminum adalah miras oplosan. Sebab, jenis miras ini mengandung zat berbahaya yaitu metanol.

Lantas, apa saja bahaya miras oplosan yang bisa muncul?

Ilustrasi miras oplosan. [Ist]
Ilustrasi miras oplosan. [Ist]

1. Gangguan Penglihatan

Senyawa metanol pada miras oplosan memiliki efek racun pada saraf mata. Orang yang kerap mengonsumsi miras oplosan berisiko tinggi mengalami gangguan mata, seolah-olah pandangannya dihalangi tirai hitam. Kondisi ini sulit diobati, bahkan bersifat permanen.

2. Gangguan Pernapasan

Orang yang minum miras oplosan umumnya mengeluhkan napas melambat dan tersengal-sengal. Di tahap lebih parah, seseorang dapat mengalami henti napas dan henti jantung.

3. Pankreatitis

Efek buruk selanjutnya dari miras oplosan adalah pankreatitis akut, peradangan yang terjadi di dalam pankreas. Kondisi ini ditandai dengan nyeri hebat di bagian perut atas. Jika tidak segera diobati, berisiko menimbulkan komplikasi kerusakan jaringan pankreas permanen.

Miras oplosan. (Cariberita.co.id/Rambiga)
Miras oplosan. (Cariberita.co.id/Rambiga)

4. Hepatitis

Miras oplosan dapat merusak sel-sel hati secara permanen yang memicu terjadinya hepatitis. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan sistem metabolisme.

5. Sirosis Hati

Konsumsi alkohol, termasuk miras oplosan bisa menjadi salah satu penyebab sirosis hati, yakni jaringan parut pada organ hati. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ hati dan berujung pada kematian.

Baca :  Apa Itu Anxiety? Ini Penjelasan Lengkap dengan Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Demikian sejumlah bahaya miras oplosan. Kesemua efek buruk itu tak hanya mengganggu kualitas hidup, tapi juga bisa mengarah pada kematian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.