Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bagus untuk Penderita Diabetes dan Mencegah Stroke

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Banyak orang menghindari makan malam atau ngemil apapun di malam hari, karena percaya bisa membuat berat badan naik.

Padahal, salah satu kunci utama dalam menurunkan berat badan adalah merencanakan makan malam dan camilan sehat Anda di malam hari sebelum tidur.

Karena, tidur dalam kondisi perut kosong juga akan membuat proses penurunan berat badan jauh lebih lama.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa manfaat makan malam sebelum tidur.

Baca Juga:
Studi: Efikasi Vaksin Covid-19 Terhadap Omicron Terbatas

Ilustrasi Berat Badan. [pexels.com]
Ilustrasi Berat Badan. [pexels.com]

1. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi camilan ringan yang sehat sebelum tidur bisa membantu menurunkan berat badan. Banyak orang percaya bahwa metabolisme lebih lambat saat tidur, sehingga menyebabnya berat badan bertambah bila makan malam.

Faktanya, metabolisme Anda sama tingginya di malam hari dan tubuh butuh banyak energi ketika tidur.

Ngemil setelah makan malam bisa membantu Anda menjinakkan rasa lapar dan menghindari makan berlebihan. Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan satu mangkuk sereal dan minum susu 90 menit setelah makan malam dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Tidur lebih nyenyak

Baca Juga:
Tersebar di 60 Sekolah, 1.200 Siswa di DIY Positif Omicron

Tidur dengan perut kosong dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Sedangkan, tidak cukup tidur dapat menyebabkan beberapa konsekuensi yang tidak menyenangkan, seperti berat badan bertambah dan penyakit jantung.

Alih-alih membuat diri Anda kelaparan, pilihlah camilan ringan dan sehat sebelum tidur untuk menikmati tidur nyenyak yang berkualitas.

3. Jaga keseimbangan gula darah

Banyak orang tidak dapat memulai hari tanpa secangkir kopi panas karena penurunan kadar gula darah membuat mereka merasa lelah.

Baca :  Cermat Memilih Cemilan Berbahan Alami dan Manfaatnya

Orang dengan diabetes mungkin terbangun di pagi hari dengan gula darah tinggi, bahkan bila mereka belum makan apapun sebelum tidur. Sedangkan, orang lain mungkin mengalami gula darah rendah di malam hari, yang mengganggu tidur mereka.

Jika Anda sering mengalami gejala ini, cobalah makan camilan kecil di malam hari untuk menyeimbangkan gula darah Anda.

4. Mempertahankan massa otot

Anda mungkin menghabiskan berjam-jam di gym dan mengangkat beban beberapa kali seminggu. Tapi, tidur dengan perut kosong justru akan membuat semua upaya untuk gym sia-sia.

Jika Anda merasa lapar sebelum tidur, tubuh Anda dapat membuat Anda tetap waspada secara mental. Pada gilirannya, hal ini akan mempengaruhi metabolisme Anda dan memperlambat kemampuan tubuh Anda untuk mengubah protein menjadi otot.

Leave A Reply

Your email address will not be published.