Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Selalu Alami Pendarahan setelah Berhubungan Seks, Apakah Perlu Khawatir?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Beberapa makanan memiliki sumber gizi yang baik untuk kesehatan. Tapi sayangnya, sebagian besar makanan lainnya juga bisa menyebabkan risiko kesehatan termasuk kesehatan gigi.

Misalnya adalah masalah gigi sensitif. Penyebab gigi sensitif adalah karena sering mengonsumsi makanan manis dan juga dingin. Dan jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan dalam waktu jangka panjang.

Perlu diketahui, ada lima makanan dapat menyebabkan masalah gigi sensitif. Berikut sesuai lansiran dari HealthShots berikut ini.

1. Permen

Baca Juga:
Cegah Risiko Kanker dan Kolesterol, Ini 3 Hal yang Harus Dihindari saat Membuat MPASI

Ilustrasi salah satu panganan wajib Natal, permen tongkat. [Shutterstock]
Ilustrasi permen tongkat. [Shutterstock]

Permen mengandung sumber gula sebagai pemanis yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, salah satunya merusak email gigi dan mengganggu saraf yang terbuka di dentin.

Camilan kaya gula memungkinkan bakteri dalam plak menghasilkan lebih banyak asam. Sehingga ini dapat mengakibatkan gigi menjadi berlubang.

2. Soda Atau Minuman Dingin

Ilustrasi minuman soda. (Freepik.com/lifeforstock)
Ilustrasi minuman soda. (Freepik.com/lifeforstock)

Minuman berkarbonasi seperti soda mungkin memiliki rasa yang enak bagi yang suka mengonsumsinya. Tapi, Anda harus hati-hati dengan minuman yang satu ini dapat menyebabkan gigi hitam. Tak hanya itu, gigi juga akan lebih sensitif terhadap dan menyebabkan gigi berlubang atau abses.

3. Buah dan Minuman Jeruk

Baca Juga:
Sudah Ovethinking Temukan Benda Asing di Mangkuk Bakso, Publik Beri Penjelasan

Ilustrasi jus jeruk (freepik.com/wirestock)
Ilustrasi minuman jeruk (freepik.com/wirestock)

Walaupun minuman jeruk dikenal mengandung vitamin C, namun kadar asam di dalamnya dapat merusak email gigi dan rentan mengalami kerusakan gigi. Karenanya, Anda berisiko mengalami rasa sakit yang meningkat setelah mengonsumsi minuman vitamin C dengan kadar yang tinggi.

4. Es Krim

Ilustrasi Es Krim. (Pixabay/AlexRaths)
Ilustrasi Es Krim. (Pixabay/AlexRaths)

Es krim tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga memberikan efek dingin. Jika Anda mengonsumsi es krim secara berlebihan, ini akan memperburuk situasi dan gigi Anda, salah satunya menyebabkan rasa sakit yang semakin parah. Karena dingin dan keras, seiring waktu dapat menyebabkan gigi Anda terkelupas, retak, dan juga patah.

Baca :  Hati-Hati, Konsumsi Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

5. Keripik Goreng dan Wafer

Ilustrasi keripik kaca (Instagram kripik_kacajkt)
Ilustrasi keripik (Instagram kripik_kacajkt)

Anda mungkin menyukai keripik singkong dan wafer karena memiliki rasa renyah dan juga pedas. Tetapi, kedua makanan ini memiliki sumber sarat dengan pati. Pati ini akan menjadi gula, yang dapat memberi bakteri plak yang menempel di gigi.

Selain itu, keripik pedas juga memiliki kandungan asam yang tinggi, di mana salah satunya dapat menyebabkan sensitivitas gigi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.