Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Anak Pilih-Pilih Makanan? Lakukan 4 Cara Manjur Ini

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Berbicara mengenai penyakit serius, stroke adalah salah satu yang tak mungkin dilewatkan. Penyebab stroke dan pencegahannya terus disosialisasikan, karena deteksi dini dan penanganan cepat benar-benar dapat mengurangi resiko fatal dari penyakit ini.

Stroke sendiri merupakan kondisi medis yang sangat serius, yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah di bagian otak. Hal ini memicu terhambatnya pasokan darah ke otak, dan membuat sel otak yang ada perlahan mati dan berkurang.

Penyebab Stroke, Dibedakan Jadi Dua Golongan Besar

Pertama, Stroke Iskemik

Baca Juga:
Mat Solar Tak Pernah Bicara Lagi, Anak Bungsu Kehilangan Sosok Ayah

Jenis stroke ini terjadi ketika pembuluh darah arteri yang berperan membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyumbatan. Beberapa hal dapat memicu terjadinya kejadian ini.

  1. Usia lanjut
  2. Diabetes
  3. Obesitas
  4. Penyakit ginjal kronis
  5. Aterosklerosis
  6. Fibrilasi atrium
  7. Diseksi arteri

Untuk usia lanjut merupakan penyebab alami, namun sisanya adalah penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat mempercepat terjadinya penyumbatan saluran arteri ini.

Kedua, Stroke Hemoragik

Kondisi kedua ini terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah, dan menyebabkan pendarahan di bagian tersebut. Pemicunya adalah sebagai berikut.

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Cedera kepala
  3. Gangguan pembekuan darah
  4. Efek samping obat
  5. Aneurisma otak
  6. Malformasi arteri vena

Gejala dan Pencegahannya

Baca Juga:
Mohon Doanya, Kondisi Mat Solar Lagi Drop

Karena stroke jadi salah satu penyakit yang wajib ditangani secepatnya, maka Anda wajib mengenali gejalanya terlebih dahulu.

Pertama adalah senyum yang mulai tak simetris. Kemudian, gerak separuh anggota tubuh terasa melemah. Ketiga, bicara menjadi sulit atau tidak dapat berbicara sama sekali. Gejala selanjutnya adalah rasa kesemutan namun di separuh tubuh, kemudian rabun secara tiba-tiba, dan sakit kepala hebat yang muncul bersamaan dengan gangguan fungsi keseimbangan.

Baca :  Bocah 10 Tahun Ini Didiagnosis Sindrom Prader Willi, Membuatnya Makan Terus-menerus Tanpa Ingin Berhenti

Lalu bagaimana pencegahan stroke?

Untuk langkah pencegahannya, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana di sini.

  • Cek kesehatan secara rutin
  • Hindari asap rokok
  • Rajin melakukan aktivitas fisik
  • Melakukan diet seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Mengelola stres dengan baik

Jangan lupa, ketika terdapat gejala yang muncul, segera bawa ke dokter untuk penanganan yang cepat. Dengan penanganan yang cepat dan benar, maka resiko fatal bisa benar-benar diminimalisir.

Itu tadi, sedikit informasi terkait penyebab stroke dan pencegahannya. Semoga bisa jadi informasi berguna, dan selalu konsultasikan semua gejala dan pencegahan paling sesuai dengan dokter kepercayaan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.