Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bagus untuk Penderita Diabetes dan Mencegah Stroke

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Selain gangguan mata minus, salah satu gangguan penglihatan yang juga umum dialami adalah mata silinder.

Mata silinder adalah gangguan refraksi mata berupa rabun jauh dan rabun dekat yang terjadi akibat ketidakmampuan mata membiaskan cahaya, sehingga titik fokus jatuh tidak tepat di retina, yang menyebabkan penglihatan jadi kabur.

Dibanding mata minus, banyak pemilik mata silinder yang khawatir gangguan mata ini tidak bisa dikurangi atau dihilangkan. Benarkah?

Presiden Direktur JEC Eye Hospitals & Clinics dr. Johan Hutauruk, Sp.M(K), mengatakan solusi paling praktis dari masalah mata silinder adalah menggunakan kacamata.

Baca Juga:
Kenali Gejala Degenerasi Makula dan Penanganannya Sedini Mungkin

Tapi untuk mengurangi besaran silindernya, dr. Johan mengakui bahwa operasi bedah mata lasik jadi satu-satunya solusi.

“Kalau dikurangi harus dengan tindakan bedah yang namanya lasik. Jadi kalau orang ada perlu sekolah mau masuk kedinasan, tidak boleh pakai kacamata, memang obat-obat belum ada yang bisa,” ungkap dr.Johan dalam acara pembukaan RS Mata JEC-Candi @ Semarang, Sabtu (29/1/2022).

Lasik atau laser-assisted in situ keratomileusis adalah salah satu jenis bedah refraktif, yaitu operasi mata yang bertujuan memperbaiki gangguan refraksi atau pembiasan mata.

Operasi lasik mata dapat mengobati rabun jauh atau miopi, rabun dekat atau hipermetropi, dan mata silinder atau astigmatisme.

Lebih lanjut, dr. Johan mengatakan alih-alih fokus pada upaya perbaikan, sebaiknya anak yang punya risiko besar mengalami masalah mata seperti silinder karena keturunan orangtua atau genetik, harus dilakukan skrining mata.

Baca Juga:
Cowok Mata Minus Kesusahan Pas Nobar Final Piala AFF, Solusinya Bukan Main!

Skrining mata ini ditujukan agar mata yang sudah minus atau silinder dilakukan penanganan, agar besaran minus atau silindernya tidak bertambah.

Baca :  Tes Kepribadian Solusi Masalah Hidup: Mana Kartu yang Menggambarkan Kondisi Anda Saat Ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.