Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Jessica Iskandar Terinfeksi Covid-19 saat Hamil, Ketahui Risiko-risikonya Bagi Ibu dan Janin

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Dua tahun pandemi, peneliti di dunia hingga kini masih belum bisa memastikan dari mana asal-usul virus corona Covid-19. Tapi, tiga laporan yang baru diterbitkan oleh berbagai tim peneliti dari berbagai negara, menemukan bukti baru asal-usul Covid-19.

Dilansir dari Xinhua, kajian tersebut dilakukan oleh kelompok ilmuwan dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan juga China.

Meskipun semua laporan adalah pracetak dan belum menyelesaikan peer review di jurnal, kesimpulan telah mendapat sorotan, mengingat latar belakang para peneliti sebagai ahli imunologi dan virologi terkenal.

Temuan utama mereka termasuk bahwa garis keturunan A dan garis keturunan B dari SARS-CoV-2, yang menyebabkan wabah awal, secara genetik terlalu berbeda satu sama lain. Sehingga virus corona pasti berevolusi pada hewan non-manusia dan kedua garis keturunan menyebar ke manusia secara terpisah. 

Baca Juga:
Kemungkinan Bukan Endemi, Istilah Pandemi COVID-19 Selesai Masih Menunggu Pernyataan dari WHO

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

Satu laporan dirilis pada 25 Februari oleh para peneliti di China yang bekerja dengan Akademi Ilmu Pengetahuan China, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China dan lembaga lainnya setelah analisis lebih dari 1.000 sampel yang dikumpulkan dari lingkungan dan hewan di Pasar Makanan Laut Huanan di Wuhan, Cina, pada awal 2020, sementara dua lainnya diterbitkan pada 26 Februari oleh tim internasional yang dipimpin AS.

Tim internasional mempelajari data dan informasi yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan saluran otoritas lainnya, serta fitur awal yang ditunjukkan dalam penyebaran virus.

Michael Worobey, seorang ahli virologi di Universitas Arizona di Tucson dan rekan penulis makalah yang dirilis oleh tim internasional, mengatakan kepada majalah Nature bahwa pemikirannya tentang asal usul Covid-19 telah berubah. Dia pernah berpikiran terbuka tentang apakah pandemi itu berasal dari laboratorium.

Baca :  Kasus Resistensi Antimikroba Paling Parah Terjadi di Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah

Karena semakin banyak bukti yang mendukung kisah asal usul zoonosis, sangat tidak mungkin bahwa dua garis keturunan SARS-CoV-2 yang berbeda dapat diturunkan dari laboratorium, kata Worobey.

Kristian Andersen, seorang ahli virologi di Scripps Research Institute di La Jolla, California, dan penulis dua laporan oleh tim internasional, juga mengkonfirmasi bahwa dua pracetak memberikan bukti terkuat bahwa pandemi Covid-19 dimulai dari “hewan hidup”. bukannya laboratorium.

Baca Juga:
DPR Sarankan Pemerintah Beri Edukasi Pendampingan Transisi Pandemi ke Endemi

Setelah memposting di Twitter satu laporan berjudul “Kemunculan SARS-CoV-2 sangat mungkin dihasilkan dari setidaknya dua peristiwa zoonosis,” Andersen mentweet bahwa para ilmuwan membutuhkan “data yang lebih banyak dan lebih baik” untuk mendekati asalnya karena masih ada pertanyaan seperti “Apa hewan? Diternakkan atau liar? Keterhubungan?” dan “Risiko masa depan?” perlu dijawab.

Leave A Reply

Your email address will not be published.