Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ingin Tes DNA Seperti Titi Kamal dan Christian Sugiono? Begini Prosedur dan Biayanya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Setiap manusia terbentuk dari komponen gen, DNA, RNA, dan kromosom dalam tubuh. Keempatnya saling berkaitan bahkan dapat mengurutkan struktur keturunan keluarga.

Dikutip dari Ruang Guru, gen adalah substansi pembawa materi genetik yang diwariskan dari induk kepada keturunannya. Materi genetik itu meliputi Deoxyribonucleic Acid (DNA) dan Ribonucleic Acid (RNA).

DNA dan RNA dalam tubuh manusia jumlahnya sangat banyak. Berbagai jenis DNA bergabung untuk membentuk gen. Kemudian gen-gen tersebut bergabung untuk membentuk kromosom.

Gen memiliki dua fungsi. Pertama, membawa informasi genetik dari setiap individu ke keturunannya. Itu sebabnya anak pasti memiliki struktur genetik yang sama dengan orangtua kandungnya, sehingga mewariskan sifat maupun bentuk fisik yang serupa.

Baca Juga:
Buntut Gagal Tes DNA, Putri Wenny Ariani Ogah Dengar Nama Rezky Aditya

Fungsi kedua, sebagai pengatur metabolisme untuk perkembangan setiap mahkluk hidup.

Gen berada pada segmen atau lokus yang terletak di kromosom. Kumpulan gen yang terletak pada lokus yang bersesuaian dengan fungsi yang sama itu disebut dengan alel.

Sementara itu, kromosom adalah penebalan benang-benang kromatin ketika pembelahan sel terjadi.

Kromosom tersusun atas asam nukleat dan protein. Terdapat dua jenis kromosom, yaitu autosom dan gonosom.

Autosom merupakan kromosom yang berperan dalam menentukan bentuk fisik selain kelamin. Sedangkan gonosom merupakan kromosom yang berperan dalam menentukan jenis kelamin.

Baca Juga:
6 Karakteristik Fisik Anak yang Diwarisi dari Gen Ayah, Mulai dari Tinggi Badan hingga Gigi

Kromosom juga mempunyai beberapa bagian yang berbeda. Bagian pertama disebut kromatid yang merupakan salah satu dari dua lengan dari hasil replikasi kromosom.

Baca :  WHO Minta Negara Tak Batasi Akses Aborsi: Ancam Keselamatan Perempuan
Leave A Reply

Your email address will not be published.