Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  WHO Tetapkan Omicron Siluman Sebagai Varian of Concern: Lebih Menular dan Sebabkan Keparahan

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Tentu Anda pernah mengalami rasanya panas dalam, sensasi tak nyaman di bagian tenggorokan yang membuat Anda tak nyaman ketika menelan, atau bahkan nyeri. Tapi tahukah Anda ternyata panas dalam sendiri memiliki penyebab, gejala, dan pengobatan yang jelas?

Nah di dalam artikel singkat kita kali ini, akan coba jabarkan mengenai penyebab, gejala, dan pengobatan untuk gangguan kesehatan ini. Tentu, selalu kami ingatkan dalam setiap artikel bertema kesehatan, bahwa solusi terbaik adalah mendatangi dokter dan berkonsultasi secara langsung, untuk mendapat diagnosis tepat dan penanganan profesional.

Mari kenali satu per satu terkait panas dalam.

Apa Penyebabnya?

Baca Juga:
Ketahui 6 Ciri-Ciri Radang Tenggorokan dan Cara Mudah Meredakannya

Jika dilihat secara medis, ada tiga hal yang bisa jadi penyebab dari panas dalam. Pertama adalah terjadinya ISPA atau infeksi saluran napas atas, kemudian iritasi tenggorokan, dan naiknya asam lambung.

Gejala yang Muncul saat Panas Dalam

Ketika panas dalam disebabkan oleh ISPA, maka biasanya gejala yang muncul adalah rasa gatal, nyeri, serta panas di bagian tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa mulai bersin-bersin, merasakan hidung tersumbat, batuk, serta demam dalam waktu 2 sampai 3 hari.

Ilustrasi panas dalam. (Shutterstock)
Ilustrasi panas dalam. (Shutterstock)

Gejala panas dalam yang disebabkan oleh iritasi tenggorokan akan mirip dengan gejala yang muncul pada ISPA. Namun penyebab utamanya adalah paparan polusi udara, makanan dan minuman terlalu panas, atau penggunaan suara berlebihan.

Ketiga, panas dalam yang disebabkan oleh naiknya asam lambung akan muncul pada pagi atau malam hari. Sensasi tidak nyaman dan rasa panas di bagian ulu hati jadi gejala utamanya. Selain itu Anda juga akan merasakan sensasi tercekat di tenggorokan.

Baca Juga:
4 Gejala Omicron yang Sering Tidak Disadari, Waspadai Sejak Dini!

Baca :  Bisakah GERD Sembuh Hanya dengan Obat Warung?

Lalu Bagaimana Pengobatannya?

Tentu, sekali lagi kami tetap menyarankan untuk mendatangi dokter dan mendapatkan diagnosis tepat dan pengobatan yang sesuai. Namun beberapa cara sederhana ini bisa membantu Anda meringankan keluhan akibat panas dalam.

  • Menerapkan gaya hidup sehat, dengan makanan bernutrisi dan aktivitas olahraga
  • Menggunakan obat herbal, yang tentu saja dikonsultasikan dengan dokter
  • Makanan yang dapat mudah ditelan, seperti sup hangat, teh hijau, manggis, semangka, dan sejenisnya
  • Berkumur dengan air garam
  • Minum air putih cukup banyak
  • Beristirahat cukup dan menghindari paparan asap

Semoga artikel terkait panas dalam ini bisa berguna untuk Anda. Selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya, dan tetap terapkan protokol kesehatan ketat sepanjang waktu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.