Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Cegah Risiko Terkena Long Covid-19, Ahli Sarankan Anda Lakukan Ini

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sejak awal pandemi virus corona Covid-19, Long Covid-19 sudah diketahui sebagai kondisi yang menurunkan kesehatan dan menyebabkan rawat inap.

Mulai dari kelelahan hingga rambut rontok merupakan beberapa masalah kesehatan yang dialami orang dengan virus corona Covid-19 dan Long Covid-19.

Tapi, ada salah satu gejala Long Covid-19 yang paling umum adalah sesak napas.

Virus corona Covid-19 sebagai penyakit menular pada sistem pernapasan ini bisa berlipat ganda di paru-paru setelah memasuki tubuh.

Baca Juga:
Mesti Waspada, Pakar Ungkap Kondisi Anak yang Rentan Alami Long Covid-19

Dalam kasus yang lebih parah, penyakit ini bisa menyebabkan sesak napas dan pneumonia. Insiden sesak napas dilaporkan bahkan berbulan-bulan setelah infeksi awal, yang bisa menjadi tanda kerusakan paru-paru.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Antara]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Antara]

Sesuai temuan baru yang diterbitkan dalam jurnal medis Immunity, sesak napas yang terus-menerus mungkin merupakan tanda kerusakan paru-paru.

Temuan penelitian menjelaskan bahwa itu bisa menjadi aktivitas kekebalan yang sedang berlangsung di saluran udara. Pada waktu itu tandanya tandanya paru-paru Anda belum sembuh total dari kerusakan akibat virus corona Covid-19.

Dr James Harker, dari Institut Jantung dan Paru Nasional Imperial College London dilansir dari Times of India, menjelaskan bahwa sesak napas yang berlangsung lama menunjukkan adanya sel kekebalan abnormal yang disebabkan virus corona Covid-19.

Para peneliti mempelajari kasus-kasus sesak napas yang sedang berlangsung pada pasien dan mendeteksi sel-sel kekebalan yang berubah di saluran udara mereka.

Baca Juga:
Gejala Long COVID-19 Pada Anak, Lengkap dengan Cara Orangtua Merawat

Namun, ini tidak berarti bahwa kondisinya bisa bertambah buruk. Sesak napas yang terus-menerus jika diobati tepat waktu dapat memperbaiki kondisi paru-paru dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Baca :  3 Efek Samping Vaksin COVID-19 Pfizer dari yang Serius hingga Umum Terjadi

Menurut penelitian, sesak napas yang terus-menerus pada pasien virus corona dapat menjadi respons imun aktif setelah infeksi, yang menyebabkan peradangan dan cedera pada saluran udara.

Sesak napas adalah salah satu tanda serius dari Long Covid-19 dan mengabaikannya bisa meneybabkan masalah kesehatan lainnya.

Temuan penelitian ditentukan dengan mempelajari scan dan sampel cairan yang diambil dari paru-paru. Pada penelitian ini, total 38 pasien yang tertular virus tiga hingga enam bulan sebelum diperiksa.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah memahami sel kekebalan mana yang aktif di dalam paru-paru yang menyebabkan masalah sesak napas pasca infeksi.

Intinya, sesak napas salah satu tanda khas komplikasi terkait virus corona. Jadi, Anda tidak boleh menganggap enteng gejala ini ketika terinfeksi atau setelah infeksi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.