Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Sang Anak Tidak Dapat Mengekspresikan Emosi Secara Verbal? Coba Lakukan Terapi Bermain

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Istilah ‘me time’ belakangan populer untuk menyebutkan waktu berkualitas dengan diri sendiri. Istilah ini muncul lantaran banyak orang yang merasa terlalu sibuk dengan pekerjaan atau orang lain, dan mulai kurang memperhatikan diri sendiri. Padahal manfaat ‘me time’ untuk kesehatan juga cukup banyak lho!

Pada dasarnya manusia memang merupakan makhluk sosial. Namun ketika urusan ini sampai menghabiskan waktu untuk memperhatikan diri sendiri, maka muncul kejenuhan dan rasa lelah yang tak bisa hilang.

Berikut beberapa manfaat ‘me time’ untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Me-Restart Otak

Baca Juga:
4 Ide Me Time untuk Menantu Perempuan dan Ibu Mertuanya, Dijamin Seru!

Ketika otak digunakan terus menerus, ada kalanya otak merasa lelah kemudian menurunkan produktivitas. Me time, dalam hal ini, bisa membantu Anda menyalakan ulang otak atau me-reset-nya, untuk kembali berada pada puncak performa produktivitas.

Tentu saja, ini juga akan membawa dampak baik untuk kesehatan karena berpengaruh langsung pada kinerja tubuh. Otak yang sehat dan segar akan membuat tubuh terasa bertenaga, dan siap melakukan aktivitas dengan maksimal.

Ilustrasi me time (pexels)
Ilustrasi me time (pexels)

2. Mengurangi Stres dan Menjadi Rileks

Ketika Anda melakukan me time, maka secara langsung Anda bisa mengistirahatkan pikiran dan fisik. Istirahat di sini artinya bisa berkegiatan tanpa tekanan, karena apa yang Anda lakukan adalah apa yang Anda inginkan dan bertujuan untuk menyenangkan diri sendiri.

Stres bisa berkurang dan lebih mudah dikelola, serta membuat tubuh dan pikiran makin rileks. Masih berhubungan dengan poin pertama, Anda juga akan merasakan efeknya pada produktivitas setiap hari.

Baca Juga:
Kebiasaan Ngemil Baik untuk Kesehatan Mental, Begini Penjelasannya!

3. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Baca :  Bahaya Gaslighting, Kekerasan Verbal yang Bisa Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Mental Seseorang

Ketika Anda merasa jenuh, bosan, dan menerima terlalu banyak informasi, tubuh dan pikiran akan menurun kebugarannya. Waktu istirahat berupa me time bisa membantu Anda kembali menyegarkan tubuh dan pikiran dengan istirahat sejenak.

Bebaskan pikiran dari segala macam yang membuat Anda tertekan, dan rilekskan tubuh selama beberapa waktu. Biarkan tubuh dan pikiran Anda bersantai, dan rasakan manfaat baiknya setelah cukup menikmati me time ini.

4. Kesehatan Hubungan Sosial

Secara sosial me time juga bisa membawa manfaat baik. Kesehatan hubungan dengan orang lain bisa terjaga, sehingga secara sosial Anda akan menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Berinteraksi dengan orang lain perlu kemampuan komunikasi yang baik, dan tentu saja ini akan terganggu ketika Anda stres atau dalam tekanan.

Me time, ketika dilakukan dengan benar, akan membantu Anda meningkatkan kemampuan komunikasi dan memahami orang lain. Selain itu, rasa percaya diri akan meningkat, serta akan muncul rasa bahagia saat berinteraksi dengan orang lain.

Manfaat ‘me time’ untuk kesehatan fisik dan mental benar adanya. Maka dari itu, selalu luangkan waktu untuk diri sendiri, dan nikmati apa saja yang ingin Anda lakukan dalam periode waktu tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.